Wuling Almaz Hybrid Lebih Canggih Dari Toyota Innova Zenix Hybrid Entry Level

Wuling Almaz Hybrid Lebih Canggih Dari Toyota Innova Zenix Hybrid Entry Level

Di semester kedua 2022 ini pasar Indonesia mendapatkan dua mobil hybrid rakitan dalam negeri. Model pertama hadir dari Wuling dengan Almaz Hybrid dan disusul Toyota dengan Kijang Innova Zenix.

Keduanya hadir dengan beberapa persamaan seperti jumlah bangku, mesin 2.0 liter dan punya teknologi hybrid.

Almaz Hybrid dibekali dengan mesin 2.0 liter berkode  LJM20A dengan sistem Atkinson Cycle dengan lecutan daya murni 125 hp/5.600 rpm dan torsi 168 Nm/4.000-4.400 rpm. Ketika digabungkan dengan kinerja motor listriknya, maka terhimpun daya sebesar 174 hp dan torsi 320 Nm. Untuk baterai Almaz Hybrid menggunakan unit dengn daya 1,8 kWh untuk diakurkan pada sistem hybrid pada SUV berlogo lima berlian ini. 

Sementara Kijang Innova Zenix Hybrid mengandalkan mesin 2.0L berkode M20A-FXS yang menghasilkan daya 150 hp/6.000 rpm dan torsi 187,3 Nm/4.400-5.200 rpm. Mesin 4 silinder ini berkolaborasi dengan motor listri k 111,4 hp dan torsi 206 Nm yang menghasilkan gabungan daya sebesar 184,3 hp. Sementara baterai Zenix Hybrid ini berukuran 1.3 kWh.

Keduanya mobil ini menyalurkan dayanya ke roda depan.

Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki empat mode berkendara, yakni Eco, Normal, Power, dan EV (mode listrik). Sedangkan pada Almaz Hybrid terdiri dari EV Mode, Series Hybrid dan Parallel Hybrid. 

Dari segi dimensi keduanya beda tipis. Almaz Hybrid memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm serta wheelbase 2.750 mm. Mobil ini menjulang dengan ground clearance 230 mm. 

Di sisi lain Kijang Innova Zenix Hybrid hadir dengan  dimensi panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, serta wheelbase 2.850 mm. Sedangkan untuk ground clearance bertahan dengan angka 185 mm, alias sama dengan Innova model sebelumnya.

Selanjutnya adalah harga, di mana banderol Toyota Kijang Innova Zanix Hybrid paling murah dijual dengan harga Rp 458 juta. Lebih murah dari Almaz Hybrid yang berada di angka Rp 470 juta. 

Namun perlu diingat bahwa Almaz Hybrid hanya hadir dalam satu pilihan varian saja, sedangkan untuk Kijang Innova Zenix Hybrid muncul dengan tiga tipe yakni G, V, dan Q. Pada tipe V dan Q ditambahkan pilihan dengan body kit Modelista. 

Tipe G ditawarkan dengan harga Rp 458 juta, tipe V di angka Rp 522,15 juta, tipe V Modelista Rp 532 juta, tipe Q TSS Rp 501 juta, dan tipe Q TSS Modelista Rp 611 - 614 juta. 

Jika dilihat dari harga, Almaz Hybrid akan berimbang dengan Zenix tipe G. Apabila dibandingkan dari teknologi canggih yang dijejalkan, Almaz unggul dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS). Teknologi ini justru tidak hadir pada varian G ini dan baru hadir pada tipe Q yang sudah dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang harga yang jauh lebih mahal.

Dalam hal ini Wuling nampak lebih royal memberikan fitur-fitur canggihnya. Sebuah Almaz Hybrid dijejali dengan Teknologi ADAS yang meliputi Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, Intelligent Cruise Assistance, Intelligent Cruise Assistance, Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Collision Mitigation System, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assistance, dan Intelligent Head Beam Assistance. 

Sedangkan Toyota Safety Sense (TSS) yang terdapat pada Kijang Innova Hybrid Tipe Q merupakan TSS 3.0  terdiri dari Pre-collision system, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert & Lane Tracing Assist, dan Automatic High Beam. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com