Usai Formula E Digelar, Sirkuit Ancol Bisa Digunakan Untuk Masyarakat Umum

Usai Formula E Digelar, Sirkuit Ancol Bisa Digunakan Untuk Masyarakat Umum

Ajang Formula E Jakarta telah usai diselenggarakan pada 4 Juni 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol. Mitch Evans dari tim Jaguar TCS berhasil keluar jadi pemenang. Namun, setelah dipakai untuk Formula E, sirkuit ini digunakan untuk apa ya?

Konstruksi Sirkuit Internasional Formula E Jakarta (Jakarta International E-Prix Circuit/JIEC) dibuat permanen sehingga bisa digunakan untuk berbagai ajang balapan tingkat nasional maupun internasional setelah penyelenggaraan balap mobil Formula E pada 4 Juni 2022.

"Jadi DNA-nya adalah 'street circuit', tapi dibikin permanen juga," kata Desainer Sirkuit Formula E Jakarta, Irawan Sucahyono dikutip Antara.

Lebih lanjut, Irawan menjelaskan seluruh pengerjaan sirkuit mobil listrik tersebut sudah sesuai standar Formule E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (Fédération Internationale de l'Automobile/FIA) sirkuit Formula E Ancol juga bisa digunakan untuk pelaksanaan balapan mobil lainnya di masa mendatang.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang mewadahi para peminat otomotif di Indonesia telah memiliki agenda kejuaraan nasional balap mobil lainnya yang bisa digelar di JIEC Ancol, bahkan masyarakat umum bisa memakai sirkuit ini.

"'Event' IMI ini juga banyak sekali, padat. Dan di Jakarta kan tidak ada sirkuit, maka ini akan menjadi kontribusi bagi kami," kata Irawan.

Diketahui, Sebagai informasi, Sirkuit Internasional Formula E Jakarta dibangun di kawasan Pantai Karnaval Ancol, yakni di sisi selatan Ancol Beach City (ABC) Mall. Sirkuit ini dibangun memanfaatkan jalanan yang sudah ada.

Secara desain, Sirkuit Internasional Formula E Jakarta ini memiliki panjang lintasannya 2,4 kilometer, lebarnya 12 meter, dan jumlah tikungannya 18.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com