Tak Akan Ada Mesin 4 Silinder Lagi Untuk Agya-Ayla

Tak Akan Ada Mesin 4 Silinder Lagi Untuk Agya-Ayla

Kami mendapatkan kabar bahwasanya generasi II Toyota Agya dan Daihatsu Ayla akan muncul di semester pertama tahun depan. 

Kabar terbaru, duo mobil ini akan menggunakan mesin baru yakni WA-VE 3 silinder 1.200 cc seperti yang digunakan pada si kembar Raize-Rocky.

Mesin ini akan mengganti posisi varian atas Agya-Ayla yang menggunakan mesin 4 silinder 3NR-VE 1.200cc. 

Di atas kertas WA-VE 1.2L dan 3NR-VE memiliki ukuran kubikasi yang sama yakni 1.198 cc. Perbedaannya terletak pada jumlah silinder dimana mesin Rocky hanya menggunakan tiga silinder sedangkan Sigra dan Ayla empat silinder.

Walau hanya punya tiga silinder, WA-VE memiliki teknologi yang lebih advance dibanding 3NR-VE. Sebut saja penggunaan long stroke sepanjang 94,1 mm dibanding mesin LCGC yang hanya 72,5 mm.

"Dampaknya saat bahan bakar meledak, tenaga balik lebih besar. Selain itu karakter torsinya sudah hadir di putaran mesin 2.000 rpm sekitar 107 Nm. Kalau dibandingkan dengan mesin LCGC torsi maksimum justru sebesar 107 Nm pada putaran 4.400 rpm," tutur Audi Tarantini, R&D Testing Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu silam.

Mengenai output, WA-VE menyuguhkan angka 88 PS/6.000 rpm. Sedangkan 3NR-VE sebesar 87,8 PS/ 6.000 rpm. Tapi torsi 3 silinder lebih unggul  di angka 113 Nm /4.500 rpm. Sedangkan mesin 4 silinder meraih angka 108Nm/4.400 rpm. 

Sedangkan opsi mesin 1.0 liter sepertinya masih mengandalkan tipe lama yakni 1KR-VE non turbo.

Lalu bagaimana dengan transmisinya?

Sejauh ini belum diketahui pasti jenis yang akan disuguhnya khususnya untuk opsi otomatis. Kemungkinan versi dua pedal akan gunakan tipe CVT seperti yang digunakan Raize-Rocky.

Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com