Sigra dan Calya Facelift, Masih Bisa Digunakan untuk Taksi Online?

Sigra dan Calya Facelift, Masih Bisa Digunakan untuk Taksi Online?

Kabar meluncurnya produk mobil LCGC dari Toyota dan Daihatsu yaitu Calya dan Sigra yang mendapatkan facelift cukup menarik perhatian. Rumor kencangnya, kedua mobil ini akan diperkenalkan pada Kamis (7/7). 

Kalau bicara facelift, tidak mengubah bentuk sebelumnya dari mobil tersebut. Sentuhan facelift tentunya akan ada kemungkinan beaar terjadi balik di interior ataupun eksterior. Lantas, apakah kedua mobil yang sudah mendapatkan pembaruan itu kelak tetap mumpuni digunakan sebagai taksi online?

Berdasar Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 118 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus menyebutkan bahwa mobil yang bisa digunakan menjadi taksi online minimal memiliki kapasitas mesin 1.000 cc. Diketahui, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sama-sama mempunyai kapasitas mesin 1197 cc.

Jika dijadian angkutan online maka mobil sanggup menampung 4-5 penumpang. Calya dan Sigra merupakan produk LCGC dengan tiga baris bangku, di mana bisa menampung 7 orang tersmasuk pengemudi. Menjadikan mobil ini sebagai multi fungsi, bisa menjadi mobil harian di perkotaan maupun sebagai mobil keluarga. Belum lagi dengan ukuran bagasi yang besar memudahkan untuk menyimpan barang.

Selanjutnya, jika kedua mobil ini dijadikan taksi online harus hemat bahan bakar dikarenakan akan digunakan untuk berkeliling kota. Bisa dibilang, kedua mobil ini sama-sama irit bahan bakar. Sigra memiliki dua varian mesin berkapasitas 1.2 l dan 1.0 l.

Mesin tersebut juga telah menggunakan teknologi canggih berbasis VVT-i. Hal tersebut membuat konsumsi Sigra menjadi lebih irit. Sehingga meningkatkan kompresi perbandingan 10:5:1 yang efisien. Sedangkan Calya mempunyai kelebihan sanggup menampung bahan bakar dengan kapasitas 13,5 km per liter.

Terakhir dari segi keselamatan, Calya dan Sigra lengkap dengan rem ABS dan EDB. Bahkan tersedia dual airbags, side impact beam, dan retractable safety belt.

Meski begitu, belum ada bocoran mengenai harga jual terbaru mobil ini. Namun jika mengacu harga jualnya saat ini, maka Calya dipasarkan mulai Rp 158,6 juta hingga Rp 181,1 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Sigra mengalami kenaikan berkisar di angka Rp 3 hingga Rp7 juta dari harga yang dipasarkan saat ini mulai Rp 126 Juta hingga Rp 171 juta.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com