Mobil Listrik Relatif Lebih Aerodinamis Dibanding Mobil Konvensional

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Minggu, 21 Agustus 2022 20:05 WIB
Berita - Mobil Listrik Relatif Lebih Aerodinamis Dibanding Mobil Konvensional
Bagikan ke:
Absennya rongga-rongga udara ini nampaknya membawa dampak positif bagi sebuah mobil listrik, di mana udara yang mengalir pada saat mobil berjalan tidak terjebak masuk ke dalam rongga ruang mesin

Kendaraan listrik akan membawa perubahan besar dalam berkendara cepat atau lambat. Kendaraan penyedot listrik punya tabiat sendiri yang akan diadapatasi oleh pasar mobil dunia.

Contoh, untuk pola pengisian bahan bakar yang kemungkinan akan dilakukan secara mandiri di rumah masih-masing dengan melakukan penyetruman saat mobil diparkir lama di rumah dan masih banyak lagi.

Secara struktural mobil akan mengalami perubahan signifikan, di mana ruang mesin akan terpangkas signifikan dan digantikan dengan motor listrik yang lebih kompak, sedangkan untuk desain akan menyusul di belakang.

Namun akan ada perubahan yang cukup signifikan dari desain. Mobil-mobil listrik murni ini tidak membutuhkan sistem pendinginan sebesar mobil dengan bahan bakar minyak. Sehingga gril konvensional dengan lobang-lobang pendinginnya tidak akan tampak lagi dan bisa saja digantikan dengan perangkat lain yang lebih berguna.

Namun ada beberapa mobil listrik yang tetap mempertahankan gril sebagai salah satu bagian dari penampilan mobil, walau fungsinya sebagai pendingin umumnya sudah ditinggalkan.

Sebagai contoh BMW iX sebuah EV yang masih mempertahankan sepasang ‘ginjal’ yang jadi ciri khas gril BMW. Dipastikan bahwa tidak ada rongga-rongga  yang mengalirkan udara ke radiator untuk mendinginkan mesin.

Absennya rongga-rongga udara ini nampaknya membawa dampak positif bagi sebuah mobil listrik, di mana udara yang mengalir pada saat mobil berjalan tidak terjebak masuk ke dalam rongga ruang mesin. Hal ini akan memperkecil hambatan udara pada sebuah mobil.

Hal ini telah terbukti pada sosok BMW 7 series yang menawarkan active air stream kidney grille yang bisa membuka dan menutup sesuai dengan kebutuhan. Saat mobil ini membutuhkan aerodinamika yang baik, maka gril akan menutup dan hambatan udarapun menjadi lebih baik.

Kembali ke mobil listrik. Walau demikian bukan berarti mobil full elektrik lantas membuang seluruh kisi-kisi udara yang ada. Aliran udara masih tetap dibutuhkan, salah satunya untuk mendinginkan perangkat kondensor AC.

#grill #aerodinamika #bmw

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.