Mitsubishi L300 Made In Filipina, Gantikan Peran L300 Lokal

Mitsubishi L300 Made In Filipina, Gantikan Peran L300 Lokal

Penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia nampaknya berdampak pada semua produk yang beredar. Tak terkecuali pada mobil bermesin diesel yang dijajakan di negeri kepulauan terbesar di dunia ini.

Tak pandang bulu, sang legenda Mitsubishi L300 pun terkena dampaknya.

“L300 yang diproduksi di Indonesia masih menggunakan standar emisi Euro 2 dan untuk bertahan di percaturan mobil terkini harus upgrade menjadi euro 4,” tutur narasumber OtoDriver beberapa waktu silam. “Dan saat ini yang paling siap adalah Mitsubishi Filipina yang sudah punya produk L300 euro 4,” sambungnya.

Baca juga :Mitsubishi L300 Stop Produksi. Andalkan Impor Dari Filipina

Dan ternyata hal itu pun menjadi kenyataan. Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) saat ini diketahui tengah melakukan pengiriman ke L300 ke Indonesia.

Seperti dilansir autoindustriya.com, beberapa pikap L300 berkelir gelap dengan letak kemudi di kanan tertangkap kamera sedang menuju pelabuhan untuk diekspor.

Media lokal itupun menyebutkan bahwa produksi L300 di Filipina merupakan strategi Mitsubishi Motors Corporation (MMC) untuk menjadikan Filipina sebagai pusat regional untuk kendaraan komersial ringan (LCV).

Lalu apakah kemudian Indonesia akan bergantung sepenuhnya pada Filipina untuk memenuhi kebutuhan L300 di pasar Tanah Air?

Dalam perbincangan dengan OtoDriver, akhir tahun silam narasumber terpercaya kami ini menyebutkan bahwa produksi L300 di Indonesia akan kembali dilakukan pada 2023.

“Sepertinya ada yang keberatan tentang rencana kepindahan produksi, mengingat volume produksi L300 yang masih cukup ‘nendang’ di lokal kita,” jelasnya.

Hal ini pun ternyata juga sejalan dengan keterangan Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam sebuah virtual conference belum lama ini.

“Sebenanrya memindahkan produksi ke Filipina hanya sementara. Karena kami ingin memberikan produksi yang lebih tepat untuk negara Asean makanya dipindahkan," ujar Nakamura. "Bukan berarti kami menyerahkan produk itu tidak diproduksi di Indonesia. Karena ini adalah produk yang sangat bersejarah buat Indonesia. Ini hanya sementara dan akan kembali lagi," tambahnya.

Sebagai gambaran, saat ini Mitsubishi Filipina sudah memiliki L300 dengan standar Euro 4 dengan teknologi common-rail. Mesin L300 Filipina mengunakan mesin 4N14 dengan daya 97,85 dk/3.500 rpm dan torsi 200 Nm/1.000-3.500 rpm. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com