Mitsubishi dan Nissan Persiapkan Rival Berat Jimny

Mitsubishi dan Nissan Persiapkan Rival Berat Jimny

Tak bisa dipungkiri bahwa Suzuki Jimny generasi IV begitu berhasil membuat dunia terkesima. Pasar menyambutnya dengan sedemikian antusias. Bahkan antrian inden di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia mengular untuk bisa mendapatkannya.

Nampaknya kesuksesan Suzuki ini pun menjadi perhatian rival-rival Jepangnya. Sebuah laporan dari Best Cars, Mitsubishi diduga akan menghidupkan kembali Pajero Mini dan bahkan dikabarkan telah mencanangkan kehadirannya pada 2024. Tak hanya itu, mitra aliansinya, Nissan juga akan menghadirkan SUV mini serupa. Kabarnya kolaborasi keduanya ini sudah mendapatkan lampu hijau dan akan dibuat di bawah perusahaan patungan antara keduanya yaki NMKV.

Mini SUV ini akan dikembangkan dan diproduksi di pabrik Mitsubishi di mana seri Nissan Day dan Mitsubishi eK dibuat. Tiga Berlian mengambil alih kemudi dalam merancang kendaraan tersebut dan kelak akan dijual oleh kedua produsen.

Beberapa spekulasi mengenai spesifikasi mobil ini berkembang. Ada kemungkinan Next Gen Pajero Mini ini akan hadir sebagai mobil hybrid atau malah sekalian sebagai kendaraan full elektrik.

Mengenai sistem 4WD yang akan digunakan, kemungkinan besar akan mengacu pada sistem S-AWC yang telah dibangun Mitsubishi.

Sejauh ini foto-foto mobil belum beredar. Namun timbul keyakinan bahwa beberapa bulan ke depan, foto-foto kedua SUV mini ini akan santer muncur di laman online.

Sedikit menyinggung tentang Pajero Mini, SUV ini pernah menjadi salah salah satu rival Jimny. Bahkan dari sisi teknologi, Pajero Mini lebih advance dari sebuah Jimny pada jamannya. Sayang Mitsubishi menyudahi kiprahnya pada 2012 silam.

Mobil ini termasuk dalam kelas Kei Car yang disemati mesin 3 silinder 660cc Turbo ataupun non Turbo.

Uniknya kerjasama antara Mitsbishi dan Nissan sudah terjalin sejak era Pajero Mini. Saat itu Nissan menjual Kix yang tak lain merupakan rebranding dari Pajero Mini.

Nissan Kix

Mengenai keluarga Pajero sendiri, sebenarnya ada satu kelas yang berada di antara Pajero dan Pajero Mini. Model ini memiliki bodi yang ukurannya lebih besar dari Pajero Mini, namun lebih mungil dari The Real Pajero. Model ini disebut sebagai  Pajero IO atau disebut juga sebagai Pajero Pinin yang dibekali dengan mesin bensin 1.6 liter, 1.8 liter dan 2.0 liter.

Pajero IO
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com