Melihat Garansi Dan Biaya Merawat Wuling Air EV, Sangat Terjangkau

Melihat Garansi Dan Biaya Merawat Wuling Air EV, Sangat Terjangkau

Sejak diluncurkan dalam GIIAS 2022, Wuling Air EV begitu diminati konsumen di perkotaan. Kepraktisan dan hemat energi membuat mobil ini laris terjual hingga 3.000 unit dalam dua bulan awal penjualannya.

Namun bagi yang masih mempertimbangkan untuk membeli mobil ini. Ada beberapa hal yang perlu diketahui, dalam memeliharanya.

Untuk tipe standard, Wuling Air ev dengan kapasitas baterai 14,3 kWH memerlukan waktu pengisian daya 8,5 jam dengan daya 2.0 kW. Sedangkan tipe Long Range berkapasitas baterai 26,7 kWH, hanya perlu waktu 4 jam untuk isi baterai dengan daya 6,6 kW.

Sebagai gambaran, biaya pengisian baterai mobil listrik berkisar Rp 1.700 – Rp 1.800 per 1.3 kWh. Sedangkan biaya pengisian BBM berkisar Rp 10.000 –Rp 17.000 per liter (tergantung jenis BBM yang Anda pakai).

Artinya, jika harga pengisian listrik (Rp 2.340/1 kWh), maka dana yang diperlukan untuk mengisi Wuling Air ev tipe Long Range dengan 26,7 kWH hanyalah Rp 62 ribu.

Harganya lebih murah jika mengisi Air ev varian standar yakni 14,3 kWh sebesar Rp 33,4 ribu.

Dengan perhitungan tersebut, mobil listrik hanya membutuhkan biaya pengisian daya sekitar Rp 200 ribu untuk perjalanan dari Jakarta ke Bali. Sedangkan pada mobil konvensional, membutuhkan biaya bensin sekitar Rp 1,2 juta untuk rute tersebut.

Mengutip siaran pers Kemenperin.go.id, hasil studi dan riset Kementerian Perindustrian dengan menggandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta industri otomotif menunjukkan bahwa mobil listrik dinilai mampu menghemat energi hingga 80 persen jika dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan BBM.

Penggunaan mobil listrik juga dapat menghemat BBM hingga dua kali lipat jika dibandingkan saat memakai bahan bakar B20.

Selain biaya operasional harian yang jauh lebih murah, ongkos perawatan atau biaya kepemilikan Wuling Air ev juga sangat terjangkau karena penggunaan komponen yang lebih sedikit dari mobil konvensional.

Untuk Air ev, Wuling memberikan beragam garansi, salah satunya adalah garansi umum kendaraan 3 tahun/100.000 kilometer. Selain itu Wuling menyediakan garansi komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun/120.000 kilometer.

Ada juga garansi reducer, power distribution unit, dan user connection unit sampai 5 tahun/100.000 kilometer dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Wuling juga menyertakan paket bundling pada pembelian Air ev, meliputi portable charger, adapter, power socket box, dan gratis biaya penambahan daya listrik termasuk instalasi serta kabel output dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk harga, Wuling Air ev tipe Standard Range mulai Rp 238 juta sedangkan tipe Long Range mulai Rp 295 juta dan Rp 311 juta untuk tipe Long Range with Charging Pile untuk on the road Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com