Lexus Andalkan All New NX 250 dan NX 350h Untuk Berjibaku Di Kelas Compact Premium SUV

Lexus Andalkan All New NX 250 dan NX 350h Untuk Berjibaku Di Kelas Compact Premium SUV

Tahun 2022 ini menjadi penanda masuknya Lexus dalam ajang elektrifikasi yang lebih lengkap. Brand ningrat di bawah kepak Toyota ini resmi menghadirkan keluarga All New Lexus NX di tanah air.

Hajatan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 dipilih sebagai panggung perdana bagi generasi kedua dari SUV compact premium ini.

Sedikit bernostalgia, generasi pertama NX hadir pada 2014 silam dan menjadi pelopor Lexus dalam peta persaingan mobil hybrid. Sedangkan generasi II diluncurkan pertama kali pada 11 Juni 2021 dan kini SUV mewah ini hadir menjadi pilihan di negeri batik.

Lexus NX hadir sebagai SUV hybrid dan ada juga model konvensional. Model NX 250 hadir dalam satu varian trim yakni Luxury.  Sedangkan varian hybrid diwakili oleh NX 350h yang dibagi menjadi dua pilihan trim level Luxury dan F Sport.

Versi NX 250 mengandalkan mesin bensin 2.5 liter dengan muntahan daya 204 hp yang disalurkan ke roda depan melalui girboks “Direct-Shift” CVT 8-percepatan.

Mesin varian hybrid NX 

Sementara NX 350h menggunakan mesin yang masih sejenis, hanya saja dipadukan dengan motor listrik pada sistem hybridnya.

Kinerja mesin plus motor listrik tersebut mampu menghasilkan daya puncak 240 hp

Saat peluncuran juga dipamerkan NX 450h+, namun untuk sementara ini belum dipasarkan oleh Lexus di Tanah Air. Tipe yang disebutkan terakhir ini merupakan SUV dengan teknologi Plug-in Hybrid (PHEV) dengan synchronous electric motor dua unit, untuk roda depan dan belakang. Kinerja total sistem penggerak mobil ini mampu menghasilkan daya sampai 304 hp. Untuk transmisinya mengandalkan jenis eCVT.

All New NX ini menghadirkan banyak penyegaran baru salah satunya adalah E-Latch yakni membuka pintu dengan sentuhan, caranya cukup dengan menggunakan tombol khusus pada handle pintunya.

Demikian pula untuk membuka pintu dari dalam, juga mengandalkan sebuah tuas kecil yang membuka mekanisme buka-kunci pintu secara elektris.

Fitur infotainment generasi terbaru dapat ditemui pada generasi paling gres ini. Tak ada lagi touchpad untuk mengoperasikan sistem infotainmen yang terdapat pada model terdahulu. Sebagai gantinya layar touchscreen 14 inci yang ditanam pada bagian tengah dasbor. Penempatan layar dan tombol mengarah ke pengemudi (Driver Centered) yang membubuhkan konsep Tazuma Cockpit.

Perangkat infotainment ini bisa menerima perintah (sound command)  yang  dapat digunakan untuk mengoperasikan fitur entertainment, navigasi, AC dan beberapa fitur lainnya.

Sebanyak 17 speaker Mark Levinson hadir untuk menyajikan sound system dengan kualitas suara premium.

Fitur keselamatan sudah barang tentu mendapat perhatian khusus dari Lexus. Fitur keselamatan yang dikemas pada All New NX��menyemat Lexus Safety System+ 3.0, yang telah dikembangkan lebih lanjut.

Fitur tersebut meliputi Pre-Collision System with Pedestrian Detection and Intersection Support, Lane Tracing Assist, Lane Departure Alert with Steering Assist, Road Sign Assist, Intelligent High Beams, dan Dynamic Radar Cruise Control. Yang ditonjolkan adalah Pre-Collision System yang kini bisa membaca objek lain di jalan dengan variabel yang lebih detail dan semakin tinggi sensitivitasnya.

Lexus melepas NX di Indonesia dengan banderol di atas Rp 1 miliar. NX 250, ditawarkan dengan harga Rp 1,273 milyar, sedangkan NX 350h hadir di harga Rp 1,339 miliar untuk varian Luxury dan Rp 1,385 miliar untuk varian F Sport. Harga tersebut sudah dalam kondisi on the road (OTR).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com