Deretan Mobil Hybrid di Indonesia Dari Yang Paling Murah Hingga Termahal

Deretan Mobil Hybrid di Indonesia Dari Yang Paling Murah Hingga Termahal

Berbagai pabrikan otomotif terus memanjakan para pelanggan dengan meluncurkan mobil baru, terutama kategori Hybrid yang memang dikenal ramah lingkungan. Saat ini salah satu yang menjadi perhatian yaitu Suzuki. 

Ya, Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya meluncurkan All New Ertiga Hybrid. Kendaraan satu ini dibekali dengan teknologi Smart Hybrid yang menjadi mobil elektrifikasi pertama di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang diproduksi di Tanah Air. 

Kehadiran model ini juga merupakan pengembangan dari All New Ertiga dari sisi teknologi. Bahkan bicara harga yang di tawarkan sangat kompetitif dan paling murah Suzuki Ertiga Hybrid saat ini dijual mulai Rp 270,3 juta sampai dengan Rp 292,3 juta.

Namun bicara kategori Hybrid yang ada di Tanah Air tak asing lagi, sebab sudah banyak pabrikan yang lebih dahulu mengeluarkan model ini tetapi lebih banyak berjenis Sport Utility Vehicle (SUV). Seperti halnya Toyota yang saat ini menjadi merek paling banyak dengan model Hybrid. Seperti, All New Corolla Cross Hybrid, All New Camry Hybrid, All New Corolla Altis Hybrid, C-HR Hybrid, Camry hybrid dan Alphard Hybrid yang merupakan MVP premium class. 

Tak hanya itu saja, ada juga Nissan yang memiliki mobil bergenre compact SUV yaitu Nissan Kicks e-Power. Selain itu Lexus juga mengeluarkan model Hybrid seperti UX 250 h, NX 350 h, NX 350 h F Sport, LS 500h Executive, dan ES 300h Ultra Luxury. Porsche Indonesia juga tak mau ketinggalan terdapat dua model yang ada yaitu Porsche Panamera E-Hybrid dan Cayenne E-Hybrid.

Berikut di bawah ini spesifikasi kendaraan hybrid di Indonesia selain Suzuki All New Ertiga Hybrid, beserta harga yang ditawarkan. 

Toyota New Corolla Cross Hybrid

Toyota New Corolla Cross Hybrid ini tampil dalam balutan yang lebih modern dari sisi eksteriornya. Selain itu, dibekali dengan mesin 2ZR-FXE DOHC 4 silinder berkapasitas 1.798 cc dengan teknologi VVT-i. Mesin bensinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 98 PS dan torsi 142 Kgm.

Disisi lain, motor listriknya mampu menghasilkan tenaga hingga 72 PS dengan torsi sebesar 162 Kgm. Bahkan, motor listrik ini dapat bekerja bersamaan dengan mesin bensin, sehingga performanya pun lebih optimal, menarik bukan? Bicara harga memang jauh di atas Suzuki, untuk model satu ini dijual Rp 519,2 juta.

Selain itu untuk model SUV Toyota lain yang juga sudah masuk elektrifikasi hybrid ialah C-HR Hybrid yang dijual Rp 582,7 juta. Untuk model sedan diisi Corolla Altis Hybrid Rp 521,1 juta menjadikannya sedan hybrid termurah di Indonesia saat ini. Lanjut sedan flagship Toyota Camry Hybrid dijual Rp 813,5 juta, Camry hybrid dijual angka Rp842 juta dan Toyota Alphard Hybrid dijual mulai dari Rp 1,4 M. 

Toyota Camry Hybrid

 

Toyota juga punya andalan lain untuk model Hybrid. Ya, Camry Hybrid memiliki tampilan elegean dengan bodi menggunakan baja ultra-high-tensile yang digunakan untuk mengurangi berat badan sekaligus meningkatkan keamanan. Camry Hybrid ini sendiri dibangun menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA) modular yang sama dengan Prius terbaru.

Soal mesin, Camry Hybrid hadir dengan Dynamic Force yang baru, yaitu mesin bensin empat silinder A25A-FXS 2,5 liter dengan D-4S direct-injection yang mendorong tenaga 178 PS pada 5.700 rpm dan torsi 221 Nm dari 3.600 sampai 5.200 rpm. Selain itu, mesin ini dipadukan dengan motor listrik 120 PS / 202 Nm untuk menghasilkan total output sebesar 211 PS. Konsumsi bahan bakar dinilai 33,4 km per liter. Untuk harga yang ditawarkan masih dikisaran Rp400 juta. 

Toyota Alphard Hybrid 

.

Untuk kelas MVP premium Toyota memiliki andalan yakni Alphard Hybrid yang mulai meluncur pada tahun 2018. Melihat spesifikasi lengkapnya mobil satu ini dibekali dengan mesin tipe 2AR-FXE, 4-silinder segaris 16 katup DOHC, Chain Drive berkapasitas 2,5 liter. Mesin ini telah mendapatkan teknologi Dual VVT-i, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 152 ps serta torsi maksimal 206 Nm. Dua buah motor listrik digunakan untuk menggerakkan roda depan dan belakang, selain itu terdapat beberapa perbaruan pada generasi sebelumnya yang membuat mobil satu ini lebih istimewa. 

Tak hanya itu saja, Alphard Hybrid juga menghasilkan data hingga 1.500 watt dengan dilengkapi outlet listrik AC 100 Volt, tentunya angka tersebut tergolong tinggi dan memberikan banyak manfaat untuk pengisian alat elektronik. Untuk harga memang cukup tinggi dikisaran angka Rp1,4 M. 

Nissan Kicks e-Power. 

Nissan juga turut serta meramaikan pasar elektrifikasi di Tanah Air, dimana pada tahun 2020 telah menghadirkan mobil bergenre compact SUV yaitu Nissan Kicks e-Power. 

Kicks e-Power hadir dengan kolaborasi mesin konvensional tiga silinder 12-valve berkubikasi 1.200 cc dan motor listrik EM57 denga tipe AC3 Synchronous Motor. Mesin bensin tersebut bertugas menjadi generator dan inverter untuk mengasilkan daya listrik ke baterai lithium-ion 1,57 kWh dan motor listik yan nantinya digunakan untuk menggerakan roda.

Bahkan, Nissan mengkalim motor listrik yang dihadirkan mampu menyalurkan tenaga yang luar biasa yaitu sebesar 125 Ps pada 4.000 hingga 8.992 rpm. Sementara untuk torsi yang dihasilkan juga cukup besar, yakni 260 Nm di putaran 500 hingga 3.008 rpm. Untuk harga yang ditawarkan Nissan Kicks e-POWER Rp 449 juta. 

Lexus NX 250 Luxury

Dimas siregar

Mau mencari mobil hybrid mewah? Lexus bisa menjadi pilihan. Sebab menawarkan berbagai model yang sangat menarik seperti halnya Lexus NX 250 Luxury yang menggunakan mesin A25A FKS 4 Cylinder Inline type 2487cc dengan transmisi automatic dan menghasilkan tenaga maksimal 204 Hp serta torsi maksimal 243 Nm. 

Selain itu model hybrid yang dijual oleh Lexus Indonesia di antaranya, NX 350 h, NX 350 h F Sport, LS 500h Executive, dan ES 300h Ultra Luxury. Bicara harga, Lexus NX 250 Luxury seharga Rp 1.273.000.000, misalnya Lexus NX 350h Luxury yang dibaderol Rp 1.339.000.000.

Porsche  Cayenne  E-HybriE-Hybrid

agi para Sultan di Indonesia Porsche bisa menjadi pilihan. Bicara spesifikasi Porsche Panamera 4 E-Hybrid baru diklaim dapat dikendarai tanpa emisi lokal hingga 64 km menurut NEDC. Bahkan dilengkapi dengan mesin mesin V6 2.900 cc bi-turbo 330 dk sehingga total output daya sistem sebesar 462 dk.

Soal harga memang lebih mahal dari pabrikan lain. Porsche Cayenne E-Hybrid terbaru dapat dipesan sekarang dengan harga mulai dari Rp 3.120.000.000. Sementara itu Porsche Panamera 4 E-Hybrid harganya mulai Rp 3.640.000.000.

Tentunya kehadiran LMPV dari Suzuki ini menjadi perhatian besar. Lantas apakah pabrikan lain mengikuti jejak dari Suzuki? Patut ditunggu untuk meramaikan pasar Tanah Air. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com