Ford Akan Membeli Lithium untuk Pabrik Baterai EV di AS

Ford Akan Membeli Lithium untuk Pabrik Baterai EV di AS

Ford terlihat sangat serius untuk menghadirkan kendaraan listrik, terbukti akan membeli lithium dari proyek pertambangan Rhyolite Ridge ioneer Ltd di Nevada dan menggunakan logam untuk membangun baterai kendaraan listrik di Amerika Serikat.

Berdasarkan kesepakatan yang dilakukan, Ioneer akan memasok 7.000 ton lithium karbonat setiap tahun selama lima tahun ke BlueOvalSK yang merupakan pabrik baterai Ford di Kentucky. 

Dari angka di atas jumlah lithium yang akan dipasok ioneer Ford cukup untuk menghasilkan sekitar 175.000 EV setiap tahun, meskipun angka itu akan bervariasi tergantung pada kebutuhan daya kendaraan.

"Kerjasama ini akan membantu kami untuk terus produksi sel baterai lokal di masa mendatang," kata Lisa Drake, wakil presiden industrialisasi EV Ford, dikutip dari laman Saltwire. 

Namun demikian untuk pengiriman dijadwalkan mulai berlangsung pada akhir tahun 2025, artinya butuh waktu yang cukup panjang. Tetapi kerjasama ini membuat Ioneer cukup senang. 

 "Kami sangat senang bisa membantu tujuan Amerika membuat EV di dalam negeri," James Calaway, ketua eksekutif ioneer. 

Sebelumnya Ford juga telah melakukan kerjasama dengan Ecopro Co asal Korea Selatan untuk memproduksi dus pertiga lithium tahunan, atau sebesar 21.000 ton. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com