Baterai Solid dari QuantumSpace Akan Digunakan Pada Mobil Listrik BMW dan Ford

Baterai tersebut memiliki keunggulan dan akan menjadi pilihan BMW dan Ford.
Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Sabtu, 11 Juni 2022 08:00 WIB
Berita - Baterai Solid dari QuantumSpace Akan Digunakan Pada Mobil Listrik BMW dan Ford
Bagikan ke:

Berbagai pabrikan otomotif terus berinovasi terkait mobil masa depan salah satunya adalah mobil listrik. Tentang mobil bertenaga setrum ini banyak teknologi yang mulai hadir salah satunya baterai. 

Seperti dikutip dari laman Motortrend, perusahaan baterai QuantumSpace yang merupakan pencetus memiliki baterai solid, dikabarkan akan menggandeng dua pabrikan ternama yaitu BMW dan Ford untuk menjadi lini terdepan menggunakan baterai tersebut. 

Bicara kendaraan listrik memang tak pernah lepas dari baterai yang digunakan. Bahkan, baterai yang ringan dengan fitur fast charging akan menjadi pilihan banyak pabrikan, dan perusahaan di atas bisa menjadi pilihan terbaik. QuantumSpace mendirikan pabrik di Colorado untuk membuat baterai solid ini, dan untuk saat ini kapasitas yang akan dihasilkan 15.000 cell baterai pertahunnya. 

Melihat lebih dalam kandungan yang ada pada baterai tersebut yaitu menggunakan Anoda dan elektrolit yang berbeda dengan biasanya. Selain itu baterai satu ini memiliki katoda (elektroda positif) yang terdiri dari nikel-mangan-kobalt seperti yang ditemukan di sebagian besar baterai EV saat ini.

Bicara perbedaan dengan baterai pada umumnya yang digunakan untuk kendaraan listrik, QuantumSpace menggunakan 50 persen silikon dengan garfit karbon, serta dilengkapi renang anoda sebagai aditif konduktif yang digabungkan dengan elektrolit sulfida. 

Bicara desain yang dihadirkan QuantumSpace didesain dengan proses dan pembuatan yang sama dengan produksi baterai lithium-ion saat ini.

Namun demikian sampai saat ini belum jelas kapan BMW dan Ford mulai menggunakan baterai solid untuk kendaraan listrik ini. Jika benar dan cepat terjadi, tentunya menjadi trobosan besar bagi kedua pabrikan tersebut. 

#ev #teknologi-baterai #

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.