Tips Cari Mobil Bekas Ala ‘Pemburu’ Mobkas

Tips Cari Mobil Bekas Ala ‘Pemburu’ Mobkas

Membeli mobil bekas merupakan suatu pilihan yang umum diambil karena ingin mendapatkan mobil dengan harga yang lebih terjangkau.

Yang namanya barang bekas, tentunya sebuah mobil bekas tidaklah sesempurna mobil baru. Pasti ada kekurangan-kekurangan atau ketidaksempurnaan lainnya yang bisa saja menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan mobil ini layak dibeli atau cukup dilupakan saja.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membeli sebuah mobil bekas. Namun pastinya jangan sampai mobil yang kita beli itu justru jadi menjadi beban yang bakal menguras kantong,” terang Jafar Umar, seorang ‘pemburu’ mobil bekas asal Pondok Gede, Bekasi.

Dalam menjalankan profesinya, pria yang akrab disapa Pay ini terkenal cukup berhati-hati dalam menjaga kepercayaan kliennya. “Jangan sampai kecewa dah,” ungkap pria yang gemar naik trail ini.

Sebagai info, jasa Pay ini banyak digunakan oleh show-room ataupun pribadi. Bahkan tak melulu mobil yang umum beredar, namun seringkali mobil spesifik seperti SUV atau mobil yang spesifik, seperti mobil bikinan tahun 80 atau 90-an.

Kembali ke tips berburu mobil bekas.  Pria ramah ini akan berbagi pengalamannya. Ia menggunakan kiat ini baik saat berburu mobil yang relatif muda hingga mobil tua ataupun mobil hobi.

1. Surat komplit dan akur

Surat kelengkapan kendaraan merupakan syarat mutlak. “Ini merupakan nyawa sebuah mobil, semua harus cocok.” jelas Pay. “Pajak mati bisa dibicarakan nanti, yang penting surat akur dan lempeng.”

2. Bukan bekas laka dan banjir

Benar-benar memperhatikan bahwa mobil bebas dari tabrakan atau pernah kerendam banjir. “Biasanya mobil yang pernah tabrakan hebat atau kerendam air tidak akan pulih 100%. Khusus untuk mobil ex banjir, kadang  cukup sulit ditelusuri siapa yang dulu melakukan perbaikan pemulihan “Bengkel resmi masih OK lah, tapi kalo bengkel yang tidak punya standar yang cukup baik dan yang penting asal bisa hidup (mobilnya) celakalah kita,” terangnya.

3. Terawat

Mobil yang terawat menjadi salah satu indikasi modal mendapatkan mobil yang cukup baik.  “Biasanya model pemilik yang begini ngerti soal mobil dan ngga asal pakai,” jelasnya.

4. Orisinal

Penggunakan suku cadang orisinal jadi salah satu nilai tersendiri. Hal ini bisa dilihat dari riwayat mobilnya, apakah dia dirawat secara rutin di bengkel resmi dengan menunjukkan bukti riwayat servis. Sedangkan untuk mobil tua, biasanya pemilik yang apik akan selalu memberikan informasi bengkel yang merawat mobil tersebut dengan gamblang.

5. Mengesimasikan biaya perbaikan

Kerusakan pada mobil bekas merupakan hal biasa, namun dalam memilih mobil bekas kita wajib mengestimasikan biaya perbaikan. Kita bisa mengusulkan untuk membawa ke bengkel resmi atau bisa juga membawa mekanik terpercaya untuk memperkirakan biaya yang bakalan timbul.

Nah selanjutnya setelah berhasil menboyong mobil bekas idaman, maka anda akan memegang tongkat estafet selanjutnya sebagai pemilik baru mobil tersebut. Dan tentunya anda ingin mobil tersebut tetap sehat dan menarik bukan?

Agar mobil tetap sehat dan terawat, pastikan anda juga merawatnya dengan produk-produk yang berkualitas pula. Untuk mendapatkan aneka produk perawatan mobil berkualitas dengan harga yang bersahabat, segera belanja di Shopee Big Ramadan Sale. Dengan promo Goyang Berkah 10M, Murah Lebay, dan COD Gratis Ongkir Rp0, belanja di Shopee tentu jadi ekstra murah, bukan?

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com