Pemerintah Mulai Tunjuk Operator Tol Nirsentuh, Beroperasi Penuh 2022

Pemerintah Mulai Tunjuk Operator Tol Nirsentuh, Beroperasi Penuh 2022

Bulan lalu kami sempat mengabarkan akan hadirnya teknologi nirsentuh (touchless) pada transaksi di gerbang tol Jawa dan Bali. Maka pekan ini, pemerintah melalui BPJT Kementerian PUPR menunjuk PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai operator layanan tersebut.

Penandatanganan dilaksanakan langsung oleh Kepala BPJT Danang Parikesit dengan Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Peter Ong di Kantor BPJT Kementerian PUPR di Jakarta (15/3) lalu.

Dari keterangan tertulisnya, Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit menyatakan, sistem transaksi nontunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) ini menjadi salah satu inovasi baru melalui pembayaran nirsentuh.

Nantinya sistem ini akan menciptakan suatu efisiensi, efektifitas, aman, dan nyaman dalam penerapan sistem pembayaran Jalan Tol di Indonesia.

"Sistem ini merupakan satu batu loncatan dengan penerapan teknologi serta sistem baru untuk jalan tol di Indonesia yang efisien, up to date, dan semakin menguntungkan," timpal Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Peter Ong.

Dengan menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS), untuk implementasi tahap pertama teknologi MLFF di terapkan di 40 ruas tol di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa, dan Bali pada tahun 2022 mendatang.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com