Seberapa Responsif Fitur Smart Command Di Mobil MG HS i-SMART?

Seberapa Responsif Fitur Smart Command Di Mobil MG HS i-SMART?

Salah satu yang jadi fitur unggulan dalam teknologi i-SMART dari MG Motor adalah Smart Command. Secara umum, fitur Smart Command sebenarnya sama seperti voice command yang jamak diaplikasikan pada mobil-mobil saat ini.

Kami pun sempat menguji fitur ini dalam sesi tes SUV mereka, MG HS i-SMART pada Selasa (25/5) di Gading Serpong, Tangerang bersama Raditio K. Hutomo, Aftersales Head MG Motor Indonesia.

Bisa disebut, Smart Command merupakan asisten di dalam mobil. Fitur ini dapat diakses dengan menekan tombol khusus pada setir, tombol khusus di layar 10 inci Infotainment Display, atau mengucapkan “Hello, MG!” dan langsung memberikan perintah.

"Ada sekitar 80-100 perintah yang bisa diperintahkan. Mulai dari membuka dan menutup sunroof, jendela hingga mengaktifkan GPS," katanya.

Contohnya jika pengemudi merasa suhu dalam kabin panas, cukup mengucapkan kalimat “Hello, MG! Maximum AC temperature,” maka teknologi i-SMART ini akan otomatis menurunkan temperatur pendingin udara agar lebih sejuk.

 

Banyak hal lain yang bisa dilakukan menggunakan Smart Command ini, misalnya membuka/menutup jendela dan sunroof, memainkan musik/radio hingga mencari alamat di peta.

 

Pada dasarnya bertujuan untuk membantu pengemudi tetap fokus menyetir tanpa harus mengalihkan perhatian ke layar atau tombol-tombol lain selama menyetir.

Meski demikian, saat kami uji ada beberapa perintah yang kerap kurang direspon oleh sistem ini. Misalnya saat menutup jendela dengan perintah "Hello, MG! Close window" sistem ini tak dapat melakukan perintah tersebut.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam pengoperasiannya. Pertama adalah sistem ini hanya paham perintah bahasa Inggris. Sehingga pelafalannya wajib sesuai dan agak sulit terdeteksi saat memakai masker. Oiya, pastikan sebelum memerintah selalu menyebut kata "Hello MG!" di tiap perintah.
 
"Selain itu, sinyal internet jadi salah satu kuncinya. Jika berada di lokasi dengan sinyal internet jelek, maka fitur ini juga kurang merespon," kata Raditio.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com