Mengulang Sejarah, Kia Sportage Terbaru Muncul Dengan  Dua Ukuran Berbeda.

Mengulang Sejarah, Kia Sportage Terbaru Muncul Dengan Dua Ukuran Berbeda.

Pabrikan mobil Korsel, Kia telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menjual Kia Sportage dalam dua ukuran. Beberapa waktu silam Kia mengumumkan akan ada perbedaan ukuran antara varian Sportage untuk pasar global dan Eropa.

Disebutkan bahwa pasar global akan memperoleh ukuran yang lebih masif dibandingkan pasar yang dikhususkan bagi Eropa.

Tepat 1 September 2021, semuanya terkuak. Pasar Eropa benar-benar mendapatkan SUV ini dengan panjang dan wheelbase yang lebih ringkas. Namun secara lebar dan tinggi keduanya sama persis.

Mengutip dari caradvice.au, Australia mendapatkan varian global dengan panjang keseluruhan 4.660 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.660 mm dan wheelbase 2.755 mm.

Sementara data dari Kia Eropa tercatat bahwa Sportage versi benua biru memiliki panjang total 4.515 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.660 mm serta wheelbase  2.680 mm.

Tentunya dengan selisih ukuran tersebut Sportage versi global punya ruang kaki yang lebih besar pada baris kedua dan punya bagasi yang lebih lega. Dan bila kelak Sportage masuk ke pasar Indonesia maka dipastikan versi yang lebih bongsorlah yang bakal ditemui di pasar tanah air.

Jika membandingkan keduanya maka, penampakan yang paling mencolok ada pada bagian ukuran pintu belakang dan juga atap di bagian belakangnya. Versi global memiliki jendela pintu belakang one piece serta kaca samping belakang yang memanjang hingga buritan. Beda dengan versi Eropa yang punya pintu belakang lebih kecil dan tidak memiliki kaca samping belakang.

Sportage versi LWB untuk pasar Korea SelatanVersi Eropa wheelbase dan buntut lebih irit

Selebihnya pada perbedaan pada bagian depan dan buritan dibedakan oleh beberapa desain yang sifatnya kosmetik saja. Ada beberapa beda desain pada bagian bawah bumper depan dan juga belakang yang sepertinya tiap kawasan pasar akan ada perbedaan khususnya pada versi global.

Hal ini nampak perbedaan desain bumper bawah versi Australia dan Korea Selatan.

Mengenai berukuran ini, sepertinya membawa kembali pada awal diperkenalkannya Kia Sportage pada akhir era 90-an.  Saat itu Sportage generasi pertama hadir dengan dua ukuran wheelbase yang berbeda yakni  2.360 mm untuk versi short wheelbase 2 pintu dan 2.650 mm untuk versi 4 pintunya. Sementara untuk panjang total versi SWB memiliki ukuran 4.030 mm sedangkan untuk LWB terbagi lagi menjadi dua ukuran yakni 4.245 mm dan 4.440 mm untuk tipe Grand Wagon. 

Hanya saja Sportage tipe perintis ini merupakan model global. Khusus Indonesia, Sportage 1 hanya dikenal versi LWBnya saja termasuk tipe Grand Wagon

Nampaknya setelah sekian puluh tahun, sejarah kembali terulang, walau tak 100% persis.  

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com