Pengemudi Wuling Almaz Tidur Dan Makan Di Tol Dengan Fitur Radar, Ini Kata Pakar Safety Driving

Pengemudi Wuling Almaz Tidur Dan Makan Di Tol Dengan Fitur Radar, Ini Kata Pakar Safety Driving

Beredar sebuah video viral yang menampilkan pengendara Wuling Almaz RS sedang menikmati fitur radar. Saking menikmatinya, pengendara ini justru menyalahgunakan fitur tersebut.

Dalam video yang diunggah dengan durasi 1 menit 44 detik tersebut menampilkan pengendara sampai tertidur dan makan ketika menjalankan mobilnya. Bahkan tidak tanggung-tanggung, aksi ini dilakukan di sebuah ruas jalan tol.

Memang fitur radar bekerja untuk mengurangi kinerja manusia akan keamanan dan juga menunjang keamanan ekstra bagi pengendara mobil. Tetapi bagaimana jika fitur radar disalah gunakan?

Sony Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant menjelaskan bahwa fitur radar yang ada pada Wuling Almaz tersebut belum sepenuhnya autonomous.

“Sekarang ini (fitur radar) masih dalam taraf pengembangan teknologi menuju Autonomus. Belum bisa diandalkan seperti pada video, karena salah satu fasilitas penunjangnya (infrastruktur) di Indonesia belum lengkap. Jadi masih oke kalau hanya  sebatas membantu pengemudi yang lengah dan tidak fokus saja.  Kalau sampai ditinggal tidur, makan dan lain-lain rasanya kurang bijaksana,” jealasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver (2/9).

Soni juga menyarankan agar meninggalkan perilaku ini demi keselamatan seisi mobil.

“Saran saya, jangan mengorbankan keselamatan penumpang hanya demi konten, karena ini bisa menyesatkan kalau tidak benar-benar paham teknologi tersebut,”

Link Video:

https://www.instagram.com/tv/CTO0tkylMtC/?utm_source=ig_web_copy_link

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com