Mengintip Limousine Kepresidenan Joe Biden

Mengintip Limousine Kepresidenan Joe Biden

Tanggal 20 Januari 2021 menjadi hari bersejarah bagi rakyat Amerika Serikat. Pada tanggal itu, negara adidaya ini resmi melantik Joe Biden sebagai POTUS (President Of The United State) yang ke 46.

Menampu jabatan Presiden di sebuah negara super power sudah barang tentu akan mendapatkan hal yang super juga termasuk pada tunggangannya. Biden dipastikan akan kembali menggunakan mobil Kepresidenan yang pernah digunakan Donald Trump yang sohor disebut sebagai The Beast.

Seperti apakah sosok The Beast tersebut?

Umum mobil kepresidenan mobil ini berwujud sebuah sedan besar dengan panjang ekstra. Secara penampilan, wujud The Beast menggunakan desain arsitektur Cadillac yang disebut sebagai Cadillac One yang didedikasikan untuk menjadi kendaraan kepresidenan AS sejak 2009 silam, tepatnya pada masa pemerintahan Barack Obama.

Proyek ini merupakan melibatkan General Motors secara langsung dalam pengembangan dan produksinya. Sehingga tak aneh jika ikon Cadillac selaku luxury brand GM yang dijadikan patokan desainnya.

Di mana mobil yang digunakan oleh Biden ini merupakan generasi II dari The Beast yang diserahkan 2018 silam saat pemerintahan Trump.

Walaupun menggunakan label Cadillac, namun secara umum tidak akan didapati model Cadillac yang seperti itu dalam jajaran model yang dijajakan oleh brand yang didirikan oleh Henry M Leyland ini.

Pada dasarnya The Beast merupakan produk taylormade yang dibuat menggunakan platform truk kelas menengah GMT560 alias truk GMC Kodiak ataupun Chevrolet Topkick. Sedangkan untuk penampilan eksteriornya menjejalkan konsep desain Cadillac CT6 sedan, menggunakan headlamp Cadillac, sedangkan grillnya mengambil desain dari mobil konsep Cadillac Escala.

Untuk mesin mobil ini mengandalkan mesin V8 diesel Duramax berkapasitas 6.600 cc yang dijejalkan di bawah bonetnya. Sedangkan untuk transisinya diperkirakan menggunakan tipe matik TH400 yang cukup melegenda karena kekuatannya. Sedangkan solar yang konsumsi adalah 3-4 km untuk tiap liternya.

Road&track menyebutkan bahwa bahwa berat mobil ini berkisar antara 7 hingga 10 ton, lebih berat dari Kodiak yang hanya berbobot 5-7 ton.

Tambahan beban yang cukup berat ini hadir dari bahan-bahan anti peluru ataupun granat yang melekat pada mobil ini.

NBC melaporkan bahwa mobil tersebut memiliki pelindung yang terbuat dari aluminium, keramik, dan baja. Dinding eksteriornya memiliki ketebalan hingga 20cm, kaca jendelanya berlapis-lapis dengan ketebalan hingga 13 cm. Tak mengherankan jika setiap pintu diyakini memiliki berat yang sama dengan yang digunakan pada pesawat Boeing 757.

Dikabarkan bahwa mobil ini hanya akan dipakai salama lima tahun saja dan isu yang ada, generasi selanjutnya  Cadillac akan menjejalkan teknologi elektrifikasi pada Cadillac One.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com