Bahaya, Jika Bagian Ini Bocor Tertusuk Benda Asing. Alamat Langsung Ganti Ban Baru.

Bahaya, Jika Bagian Ini Bocor Tertusuk Benda Asing. Alamat Langsung Ganti Ban Baru.

Ban merupakan bagian mobil yang memegang peran penting mulai dari faktor keselamatan sekaligus kenyamanan. Akan tetapi ban merupakan perangkat yang paling mudah aus dan juga punya harga yang cukup lumayan untuk menebusnya.

Seringkali kita dihadapkan dengan kejadian tidak terduga berkenaan dengan ban. Salah satunya adalah ban kempes karena tertusuk benda asing, seperti paku ataupun lainnnya.

Nah ternyata tidak semua bagian ban dapat ditambal dan digunakan kembali dengan aman.

“Ban punya konstruksi yang memungkinkannya untuk digunakan kembali setelah terjadi kebocoran dan ditambal,” terang Zulpata Zainal On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk saat dihubungi OtoDriver (22/01). Namun demikian pria yang akrab disapa Pak Zul ini mengingatkan bahwa ada bagian ban yang menjadikan sebuah ban jadi barang berbahaya jika terjadi terjadi kerusakan.

“Jika sidewall atau dinding ban tertusuk sesuatu dan kemudian bocor maka akan terjadi kerusakan yang cukup fatal pada kontruksi ban tersebut. Lapisan benang atau cord atau polysternya putus dan sehingga tidak ada penyangga yang menahan ban secara kontruksi,” terangnya. “Apalagi jika terjadi pada ban radial yang hanya punya dua lapisan di bagian sidewall,” sambungnya.

“Jadi sangat berbahaya jika ban dengan tambalan samping ini digunakan kembali,” imbuh pria ramah ini. “Sebaiknya ganti ban untuk keamanan semuanya,” tutupnya.

 

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com