Mazda Recall Ratusan Ribu Unit Mazda 3 Karena Masalah Logo

Mazda Recall Ratusan Ribu Unit Mazda 3 Karena Masalah Logo

Biasanya penarikan kembali atau recall mobil dilakukan setelah ada indikasi membahayakan dari fitur yang dimiliki atau cacat pada suku cadang yang digunakannya.

Namun kali ini berita terbaru yang dilansir Carscoops menjelaskan bahwa Mazda tengah melakukan recall sebanyak 260.915 unit untuk Mazda 3 lansiran 2004 hingga 2007 karena logo yang membahayakan.

Mazda mengatakan bahwa logo merek yang terdapat pada setir berpotensi membahayakan pengemudi atau penumpang saat terjadi kecelakaan.

Menurut dokumen yang diterbitkan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), permasalahan ini pertama kali dicatat dalam kecelakaan pada 2015 lalu di luar Amerika Serikat. Dilaporkan wajah penumpang terluka saat pecahan logo berserakan ketika airbag diaktifkan.

Investigasi pun dilakukan pada pemasok suku cadang Mazda. Ditetapkan bahwa hidrolisis terjadi saat kerusakan logo Mazda yang terbuat dari poliuretan, reaksi tersebut mempercepat kerusakan logo, sehingga mudah pecah.

Setelah teridentifikasi penyebabnya, pemasok kemudian merubah susunan kimia logo Mazda pada tahun 2006. Sehingga kendaraan produksi setelah itu (model tahun 2007) tidak termasuk dalam penarikan.

Awalnya Mazda mengira jika cedera pada wajah karena logo serupa dengan yang terjadi ketika airbag pecah. Namun pada tahun 2019 lalu, mata seseorang dilaporkan terluka gara-gara logo.

Surat penarikan kembali dari Mazda 3 tahun 2004 hingga 2007 bakal dikirimkan pada 28 Agustus 2021 mendatang. Mazda akan mengganti logo merek di setir secara gratis.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com