Suzuki Jimny Mulai Dibikin Di India

Suzuki Jimny Mulai Dibikin Di India

Sebelum agenda peluncuran yang terjadwal tahun depan, Maruti Suzuki akhirnya mulai merakit SUV Jimny di India.

Seperti dilansir Indianautosblog.com, Maruti Suzuki telah merakit 50 unit Jimny tiga pintu di fasilitas Gurugram mereka dari kit CKD yang telah diimpor dari Jepang. Ini pada dasarnya adalah perakitan percobaan Jimny tiga pintu di India. Maruti Suzuki Jimny ini telah dirakit dengan garis yang mirip dengan yang digunakan untuk Gypsy yang juga merupakan SUV body-on-frame.

Dengan demikian, India akan menjadi pusat manufaktur Jimny tiga pintu yang terutama akan dikirim untuk ekspor. Ketika Maruti Suzuki benar-benar meluncurkan Jimny di India, itu akan menjadi model lima pintu, bukan model tiga pintu tradisional yang dijual di pasar lain.

Pejabat Maruti Suzuki mendapat kesan bahwa Jimny tiga pintu tidak akan berhasil secara penjualan di India, karena dianggap tidak praktis dan tidak bisa mengangkut orang ataupun barang dalam jumlah lebih besar.

Sehingga Maruti pun berinisiatif untuk menghadirkan varian lima pintu yang dirasa lebih cocok dengan pasar India. Walau hal ini akan menimbulkan biaya tambahan dan waktu yang diperlukan untuk merekayasa ulang SUV.

Maruti Suzuki Jimny memiliki konstruksi body-on-frame yang mirip dengan Gypsy dan Mahindra Thar. Ini didukung oleh mesin bensin K15B yang sama dengan yang Anda temukan di banyak mobil Maruti Suzuki lainnya seperti Ertiga, Vitara Brezza dan Ciaz. Namun, mesin 1.500 cc  105 ps dipasang secara longitudinal di Jimny, menggerakkan roda belakang atau keempat roda. Ini sangat berbeda dengan Brezza berbasis monocoque di mana mesin dipasang melintang, hanya menggerakkan roda depan.

Jimny juga mendapatkan pilihan transmisi serupa seperti mobil Suzuki Maruti lainnya, manual 5-percepatan dan otomatis konverter torsi 4-percepatan. Sementara itu, sistem penggerak empat roda dengan transfer case jarak rendah hadir sebagai standar. Kami berharap Jimny spesifikasi India 5 pintu memiliki opsi mesin dan kotak persneling yang serupa. Mk4 Jimny yang dijual di luar negeri saat ini hanya dibuat di pabrik Suzuki Kosai di Prefektur Shizuoka, Jepang.

Mulai tahun ini, Maruti Suzuki Jimny akan diproduksi di India juga, di perusahaan Hansalpur di Negara Bagian Gujarat. Baik versi 3 pintu global dan versi 5 pintu baru akan dibuat di sana. Produksi yang pertama akan dimulai lebih dulu, tetapi hanya untuk ekspor. Varian Kei khusus Jepang dari versi global 3 pintu akan terus diproduksi secara eksklusif di pabrik Kosai. Saat diluncurkan, itu akan menyaingi Mahindra Thar, yang juga akan diluncurkan sebagai model lima pintu di masa depan.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com