Sejarah Klakson Elektrik, Dimulai Dari Mobil Pribadi

Sejarah Klakson Elektrik, Dimulai Dari Mobil Pribadi

Klakson merupakan salah satu sarana komunikasi berkendara untuk semua jenis kendaraan. Perangkat ini memberikan isyarat yang menjadi perwakilan dari pengguna suatu kendaraan pada kendaraan lainnya.  Umumnya berlaku sebagai penanda keberadaan suatu kendaraan pada kendaraan lainnya.

Saat ini klakson yang digunakan oleh mobil merupakan jenis klakson elektrik yang bahkan  berkembang dalam berbagai jenis, mulai model disc horn dengan bentuk piringan dan tipe fanfare atau yang disebut klakson keong.

Berdasarkan dari sejarahnya, klakson elektrik ditemukan oleh Miller Reese Hutchison yang merupakan kerabat Thomas Edison. Klakson diterapkan pada mobil mulai tahun 1908, namun pertama kali klakson ini dipasang mobil pribadi. Saat itu arus listrik klakson berasal dari baterai sel kering berkekuatan 6 volt, lalu pada tahun 1911 mulailah arus listrik untuk membunyikan klakson menggunakan baterai yang bisa diisi ulang.

Suara khas dari klakson ketika ditekan berasal dari sebuah elektromagnet yang digunakan untuk menggerakan baja spiral. Jika elektromagnet tersebut diberi arus, spiral tersebut bergerak ke arah magnet.

Ketika spiral berpindah di titik maksimum ke arah magnet, sambungan dilepaskan yang menyebabkan arus berhenti untuk beberapa saat dan menyebabkan baja spiral tersebut mengendur. Setelah itu, elektromagnet kembali bergerak ke arah besi. Proses ini terjadi berulang-ulang hingga menimbulkan suara klakson

 

 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com