Kandungan Logam Lebih Mahal Dari Emas Yang Diincar Dari Sebuah Catalityc Converter Bekas?

Kandungan Logam Lebih Mahal Dari Emas Yang Diincar Dari Sebuah Catalityc Converter Bekas?

Beberapa waktu lalu, kami mewartakan bahwa catalityc converter bekas dari Honda Jazz GD3 atau Jazz generasi pertama untuk Indonesia bakalan dibeli dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 2.5 juta. Dan ternyata hal ini pun terjadi juga di Thailand.

baca :Honda Jazz Generasi Pertama Ternyata Menyimpan Harta Karun?

Lalu mengapa hal ini bisa terjadi?

Berdasarkan beberapa penelusuran, besar dugaan terjadinya aksi ‘buy back’ katalis ini terkait dengan kandungan logam yang ada pada perangkat tersebut.

Seperti dilansir allstate.com, perangkat penyaring polutan hasil pembakaran tersebut mengandung tiga logam bernilai tinggi yakni paladium, platinum dan rhodium. Bahkan dua dari ketiga logam tersebut punya nilai lebih tinggi dibandingkan emas.

Kabar terkait catalytic converter dan logam yang terkandung di dalamnya ini bukan hal yang baru. Bahkan di Amerika Serikat perangkat ini sudah menjadi target favorit pencurian.

Secara umum semua mobil mobil yang menggunakan catalytic converter tanpa terkecuali menggunakan bahan ini. Ketiga logam tersebut sudah digunakan sejak 1974, alias sejak otoritas negara bagian California mewajibkan semua mobil yang dijajakan di sana menggunakan perangkat ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com