Desain Ford Raptor Dibajak di Cina

Desain Ford Raptor Dibajak di Cina

Desain merupakan pintu gerbang yang membuat seseorang untuk tertarik pada sebuah barang. Hal ini berlaku erat pada dunia otomotif dan desain merupakan bagian kasat mata pertama yang berinteraksi dengan penguna atau calon pembeli mobil.

Hal ini pun disadari sepenuhnya oleh semua produsen mobil, termasuk asal Cina. Hanya saja beberapa pabrikan Tiongkok bertindak tidak elegan dengan menempelkan bulat-bulat apa mereka lihat untuk diadopsikan pada produknya alias menjiplak.

Salah satunya terjadi pada Ford F-150 Raptor yang bagian facianya dijiplak utuh kemudian dijejalkan pada moncong sebuah pikap bikinan Foton.

Seperti dilansir carscoops, pikap cungkok dengan nama Da Jiang Jun atau ‘Jenderal Besar’ ini tengah dipersiapkan untuk debutnya dalam Beijing Auto Show 26 September nanti.

Meski menggunakan wajah F-150, namun sepertinya pikap ini lebih pas dengan ukuran sebuah Ranger alias lebih mungil jika dibandingkan ukuran pikap fullsize yang jadi legenda di Amerika Utara tersebut.

Demikian pula dari sisi mesin. Jika sebuah Raptor menggunakan mesin V-6 Twin Turbo 3.5 liter, maka ‘versi tembakannya’ ini mengasup mesin bensin 2.0 liter turbo dan juga disiapkan pilihan mesin diesel 2.0 dan 2.5 liter.

Detail spesifikasi lain belum dikeluarkan, hanya saja diketahui bahwa pikap ini punya pilihan girboks otomatis 8 speed lansiran ZF.

Kasus bajak membajak di Cina bukan hal yang baru, beberapa kasus telah terjadi sebelumnya seperti halnya Land Wind XL7 yang menjiplak desain Range Rover Evoque. Pada kasus ini, Jaguar Land Rover sebagai pemegang brand Range Rover berhasil memenangkan tuntutan pada pabrikan lokal Tiongkok tersebut.

Kabarnya ‘Blue Oval’ tengah mempersiapkan tuntutan hukum terhadap Foton berkenaan dengan kasus ini. Apakah Ford punya nasib seperti Range Rover?

Kita tunggu saja kabarnya.

F-150 Raptor, si Korban penjiplakan. Keren yang mana ya?
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com