Alasan MINI JCW GP Tak Gunakan Transmisi Dual Clutch

Alasan MINI JCW GP Tak Gunakan Transmisi Dual Clutch

MINI John Cooper Works GP diluncurkan di Indonesia. Indonesia kebagian 12 unit dari 3.000 unit yang diproduksi di seluruh dunia.

Model ini lahir dari sebuah MINI 3 door yang lalu dikembangkan menjadi mobil sirkuit namun masih dalam tahapan road oriented. Spesifikasi mesinnya pun dinilai cukup buas.

Untuk bodi semungil itu, JCW GP ditenagai dengan mesin berkapasitas 2.000 cc 4 silinder tirbo dengan muntahan daya sebesar 306 dk serta torsi 450 Nm serta bertransmisi 8 percepatan Steptronic.

Namun ada yang menarik melihat spesifikasi tersebut, yakni transmisinya. Pasalnya, model terbuas ini tidak menggunakan transmisi otomatik dual clutch. Padahal, model di bawahnya seperti Cooper S sudah menganut transmisi otomatik kopling ganda 7 percepatan.

Rupanya, spesifikasi mesin yang cukup buas membuat pihak MINI mempertimbangkan durabilitas dari girboks tersebut.

“Hal ini dikarenakan torsi yang dimiliki oleh mesinnya cukup besar sehingga kami rasa transmisi dual clutch kurang cocok untuk menghela spesifikasi mesin tersebut. Jika dilihat pada lini produk kami, baik Clubman dan Countryman JCW juga tidak ada yang menggunakan transmisi dual clutch,” jelas Kidd Yam selaku Head of MINi Asia saat peluncuran virtual MINI JCW GP Senin (27/7).

Mesin yang digunakan oleh JCW GP ini juga digunakan pada beberapa model lainnya, yakni Clubman JCW dan Countryman JCW. Dua model ini telah meluncur di Indonesia terlebih dahulu.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com