TMS 2019 : Toyota Kenalkan Mobil Masa Depan Berteknologi AI

TMS 2019 : Toyota Kenalkan Mobil Masa Depan Berteknologi AI

Sadar betul pameran otomotif adalah tempat ideal untuk memamerkan teknologi, Toyota akan memajang mobil konsep ternyarnya di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Visi ini dituangkan dalam kendaraan masa depan, Toyota LQ. ini adalah model generasi berikutnya dari Toyota Concept-i, yang dikenalkan tahun 2017 lalu.

Layaknya mobil konsep pada umumnya, beragam teknologi kelas wahid bisa ditemui di LQ. Tercanggih ditanamkan artificial intelligence (AI) yang dinamakan 'Yui'. Kecerdasan buatan ini akan mempersonalisasi pengalaman berkendara berdasar kondisi emosi dan tingkat kewaspadaan dari pengemudi.

Pendekatan yang dilakukan oleh 'Yui' adalah dengan mengoptimalkan interaksi manusia dengan mesin. Saking canggihnya, AI ini bisa memilih dan memaikan musik sesuai dengan kondisi sekitar dan memberikan informasi terkini yang diinginkan oleh pengendara. Toyota sendiri sedang menlakukan pengembangan lebih lanjut untuk mengintegrasikan teknologi ini dengan telepon genggam.

Selain kecerdasan buatan, mobil ini juga dilengkapi teknologi canggih berupa sistem kemudi otonom Level 4, satu langkah sebelum sepenuhnya mobil bisa berjalan tanpa perlu adanya pengemudi. Turunan dari kemudi otonom ini adalah sistem parkir otomatis. Car kerja sistem ini, setelah pengemudi turun, mobil akan mencari tempat parkir terdekat dan memanfaatkan beragam kamera, sonar, serta radar mobil akan bergerak mengisi tempat parkir tersebut.

Untuk menunjang keselamatan berkendara juga akan ada Augmenterd Reality Head Up Display (AR-HUD). Teknologi ini bekerja dengan menampilkan beragam informasi mengenai garis jalan, rambu lalu lintas, dan petunjuk jalan di layar hologram di atas dasbor depan pengemudi.

Fitur terakhir, untuk menunjang kenyamanannya, ekosistem dalam kabin dibuat dapat 'berkomunikasi' dengan pengendara. Tidak ketinggalan jok kendaraan juga ditanamkan teknologi adaptif yang dapat menyesuaikan dengan kondisi pengendara agar selalu nyaman dan tidak mengantuk.

Itu baru bicara soal teknologinya. Sementara soal desainnya, mobil ini dibuat sangat kompak dan futuristis di saat bersamaan. Dimensinya Fokusnya lebih ke desain dalam kabin yang minimalis namun terkesan canggih. Dengan dimensi 4.530 mm x 1.840 mm x 1.480 mm (PxLxT), ukurannya lebih kecil dibanding mobil sedan kompak (seperti Prius misalnya).
Sementara itu melihat jantung penggeraknya di kategori BEV (battery electric vihicle alias mobil listrik berbasis baterai) dengan jarak tempuh mencapai 300 km, nampaknya Toyota LQ akan menjadi model mobil listrik yang disiapkan dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan ini.

Editor : Suryo Sudjatmiko

 

Simak Video : OD Flash: TMS 2019 Jadi Arena Meluncurnya Beragam Mobil Baru dan Masa Depan

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com