Datsun Indonesia Optimistis Pasar Akan Membaik

Datsun Indonesia Optimistis Pasar Akan Membaik

Datsun menjalani paruh pertama tahun 2019 dengan kurang menyenangkan. Untuk pasar Tanah Air, angka penjualan pabrikan yang masih terafiliasi dengan Nissan ini babak belur.

Jika merujuk data penjualan yang dikumpulkan Gaikindo, angka penjualan (retail) Datsun pada periode semester I tahun 2019 mengalami penurunan sekitar 28 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (dari 4.234 unit menjadi 5.903 unit ). Bahkan jika melihat angka wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) penurunan angka distribusinya mencapai 49,56 persen antara paruh pertama tahun 2019 dibanding setahun silam (dari 7.621 unit menjadi 3.844 unit).

Meski begitu pihak Datsun beranggapan kalau hal ini terjadi akibat tren pasar otomotif secara umum yang memang sedang menunjukkan tren penurunan. "Kalau lihat pasar otomotif yang trennya melemah di semester satu lalu, memang ada dampaknya di kita. Tapi kita optimistis ke depan pasar akan membaik," ujar Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Hana Maharani saat dihubungi OtoDriver.


Lebih lanjut Hana menjelaskan kalau pihaknya juga akan berupaya memperkuat semua aspek mulai dari penjualan sampai layanan purna jual. Hal ini katanya, demi teciptanya kepuasan pelanggan. Pengembangan jaringan dealer akan menjadi salah satu fokus mereka untuk mendekatkan diri dengan konsumen.

"Bukan hanya dari sisi jumlah, tapi juga layanan. Dealer kita sudah mengadopsi standard global Nissan Retail Concept, dan juga pengembangan sumber daya manusia di dealer melalui program seperti training," tambahnya.

Sejauh ini sendiri Nissan-Datsun sudah mempunyai 109 jaringan dealer yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun saat ditanya mengenai target ekspansi dealer, Hana menolak menjelaskan lebih jauh. "Yang jelas rencana kita solid," ujarnya menutup percakapan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com