Pabrik Nissan Indonesia Tutup, Konsumen Tak Usah Khawatir

Pabrik Nissan Indonesia Tutup, Konsumen Tak Usah Khawatir

Kabar pabrik Nissan Indonesia tutup kian heboh setelah CEO Nissan Makoto Uchida mempublikasikan penutupan pabrik tersebut. Saat ini, pabrik perakitan Nissan Indonesia tersebut berlokasi di Cikampek, Jawa Barat.

Tentunya mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang nasib mobil Nissan di Indonesia. Namun, jika Anda merupakan pemilik mobil Nissan dan sedang was-was kabar tutupnya pabrik ini akan berdampak pada nilai jual kembali mobil Anda, jangan khawatir.

 

Sebelum ditutup, pabrik Nissan Indonesia tersebut sama sekali tidak memproduksi mobil dengan emblem Nissan. Fasilitas produksi ini hanya menciptakan mobil merek Datsun, seperti Datsun Go, Go+, dan Cross. Lantas model Nissan apakah yang pernah diproduksi di sini?

Sebelum Nissan Livina berhanti generasi, model inilah yang menjadi salah satu mobil yang dirakit di Cikampek tersebut. Namun sejak Livina berubah menjadi kembaran Xpander, Livina dirakit di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Sementara model-model lainnya, seperti March, Juke, Terra, Navara adalah model Nissan yang didatangkan langsung dari pabrik di Thailand. Pabrik inilah yang akan dijadikan konsentrasi basis produksi Nissan ASEAN bersama mitra aliansinya.

Lantas untuk Serena dan X-Trail merupakan model Completely Build Up (CBU) langsung dari Jepang. Praktis, tutupnya fasilitas pabrik produksi mobil Nissan kami rasa tidak akan berpengaruh signifikan dengan angka produksi Nissan di tanah air.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com