Beda Amplifier Jadul dengan Amplifier Modern

Beda Amplifier Jadul dengan Amplifier Modern

Dunia audio tentu tidak asing dengan amplifier. Perangkat inilah yang menjadi penguat akhir bagian sistem tata suara.  Ia berfungsi memperkuat tegangan dan arus dari sinyal audio yang diumpankan pada loud speaker.

“Tujuannya agar suara yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan lebih jernih,” terang Jasum dari Pesona Audio yang buka praktik di bilangan Pos Pengumben, Jakarta Barat. “Dengan amplifier ini memungkinkan kita untuk melakukan seting audio sesuai dengan yang kita inginkan,” tambahnya.

Menilik dari perkembangannya, saat ini amplifier telah berkembang dengan pesatnya. Secara umum amplifier jaman sekarang punya bentuk yang lebih kompak, lebih terjangkau dalam hal harga dan mampu menghasilkan daya besar.

Berbeda dengan teknologi lawas di mana dimensi amplifier relatif besar karena menggunakan komponen yang rata-rata tidak kecil, ia juga tak efisien karena menyedot listrik secara masif.

“Analoginya seperti perkembangan teknologi mesin. Dahulu  untuk menghadirkan mesin yang bertenaga besar di mana dibutuhkan kapasitas silinder yang juga besar dan sudah pasti boros bahan bakar. Sedangkan saat ini untuk mendapatkan output yang besar hanya membutuhkan mesin berkapasitas kecil namun dilengkapi dengan turbo dan sistem injeksi canggih, sehingga mampu menghasilkan daya besar dan tetap irit bahan bakar,” tutupnya.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com