7 Keunggulan Ban Radial Dari Ban Bias

7 Keunggulan Ban Radial Dari Ban Bias

Secara garis besar, ban mobil dibagi menjadi dua yakni ban radial dan ban bias. Keduanya merupakan dua hal yang berbeda dari segi penggunaan, konstruksi dan juga teknologi.

Ban radial lebih banyak diaplikasi pada mobil penumpang karena ban ini lebih empuk dan tidak lekas panas. Sedangkan ban bias punya sidewall yang lebih kokoh namun 
 
“Ban radial atau radius punya susunan kerangka benang melintang dari sisi ban kiri dan kanan ataupun sebaliknya. Tipe ban ini punya layer tambahan hanya pada permukaan telapak bannya," jelas Agus  Sarsito, Senior Technical Advisor PT Bridgestone Tire Indonesia.

“Ban radial hanya punya strukturnya di sebelah kiri ke kanan dan tidak  menjalar hingga bagian dinding. Jadi dindingnya tidak sekokoh dan sekaku ban bias, namun lebih fleksibel,” imbuhnya.

Sedangkan ban bias lebih kokoh pada bagian dinding (sidewall) karena punya jalinan benang yang terjalin rata dari dinding hingga telapak ban, selain itu ban ini minimal punya dua lapisan benang (ply). Karenanya ban bias lebih cocok untuk digunakan pada kendaraan komersial dan angkut beban.

Berikut keunggulan tujuh ban radial daripada ban bias:
1.Lebih lembut dan empuk sehingga memberikan kenyamanan pada penumpang 
2.Lebih kuat menahan kondisi jalanan yang tidak rata. 
3.Menghasilkan panas lebih sedikit dibandingkan jenis ban bias
4.Menghasilkan traksi lebih baik 
5.Menghasilkan getaran yang lebih minim
6.Lebih stabil 
7.Usia pakai lebih lama

OtoDriver

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com