Bersiap, Tilang CCTV Mulai Diterapkan di Beberapa Kota

Bersiap, Tilang CCTV Mulai Diterapkan di Beberapa Kota

Sistem tilang CCTV sudah mulai diberlakukan di beberapa kota. Kepolisian di beberapa kota Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga Bali bahkan mulai menerapkannya dan menindak pelanggar lalulintas dengan mendatangi pelanggar yang tertangkap CCTV.

Menurut yang dikabarkan oleh Kompas (3/10), pihak Kepolisian menganggap tilang CCTV dapat mengurangi jumlah pelanggar lalu lintas dan kecelakaan. Namun memang saat ini sistem tersebut masih dalam tahap sosialisasi dan uji coba.

"Sekarang ini masih tahap sosialisasi, ke depan bisa lebih tegas lagi. Tujuan utama agar masyarakat lebih tertib lagi," kata Wakapolda Jawa Tengah (Jateng) Brigjen Pol Indrajit yang dikutip dari Kompas Oto.

 

 

Tilang CCTV ini juga dianggap Kepolisian lebih efektif dalam menjaga ketertiban karena masyarakat akan lebih takut untuk melanggar. Selain itu, sistem ini akan membantu Kepolisian dan pengguna jalan untuk mengetahui bukti jelas pelanggarannya.

Kedepannya, peletakan CCTV juga tidak hanya di titik-tik lampu lalu lintas tapi akan ada di beberapa titik lain yang rawan dan kerap terjadi pelanggaran. “Tidak hanya di lampu merah, tetapi kita akan simpan di beberapa tempat yang dianggap paling banyak pelanggar lalu lintas. Jadi kami harapkan semuanya bisa tertib," tegas Indrajit.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com