Ribuan Toyota All New Fortuner Karawang Laris Diekspor, Filipina Jadi Importir Terbesar

Ribuan Toyota All New Fortuner Karawang Laris Diekspor, Filipina Jadi Importir Terbesar

Toyota All New Fortuner kini ternyata sudah melanglang buana ke dunia internasional. Berita gembiranya, SUV Toyota tersebut murni lahir di fasilitas pabrik kota Karawang, Jawa Barat dan diekspor ke berbagai negara.

“Respons konsumen mancanegara maupun dalam negeri sangat positif terhadap Fortuner generasi baru ini sehingga memicu kami untuk semakin kompetitif dan berdaya saing tinggi. Semoga upaya kami yang dibarengi dengan membangun kerjasama yang baik dengan industri otomotif hilir hingga hulu, dapat mendukung posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor di Asia-Pasifik,” tutur Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam siaran persnya (27/6).

All New Fortuner yang mulai diproduksi TMMIN pada Januari 2016 telah dieksor sebanyak 6000 unit pada Bulan April 2016. Hal ini sekaligus menjadikan Fortuner sebagai model kendaraan yang paling banyak diekspor TMMIN pada bulan April kemarin. 

Menurut data yang dirilis Toyota Indonesia, saat ini Filipina menjadi negara importir Fortuner terbesar di tahun 2016. Tercatat 74% volume ekspor Fortuner ditujukan untuk konsumen di negara tersebut. Selebihnya dikirimkan ke negara-negara di kawasan Timur Tengah, Amerika Latin dan Karibia.

Sebenarnya TMMIN kembali memulai ekspor mobil Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) yakni Kijang Innova dan Fortuner pada bulan Maret 2016 setelah sebelumnya sempat dihentikan sementara karena alasan persiapan produksi perubahan total (major change) kedua model tersebut. 

Untuk Kijang Innova dan Vios, Saudi Arabia merupakan negara importir terbesar dengan porsi masing-masing 84% dan 85% dari total volume ekspor kedua jenis mobil tersebut. Selain ke Saudi Arabia, Kijang Innova juga dikapalkan ke negara-negara di Asia, Amerika Latin dan Karibia sedangkan destinasi ekspor model Vios lainnya adalah negara-negara di kawasan Asia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com