F1 Kanada: Lewis Hamilton Juara, Rio Dikecewakan Tim

F1 Kanada: Lewis Hamilton Juara, Rio Dikecewakan Tim

Lewis Hamilton sukses membungkus kemenangan yang cukup cantik di F1 seri 7 di Kanada (12/6). Sementara Rio Haryanto dengan cukup baik menampilkan performa yang konsisten dengan start di posisi 19 dan finish di posisi yang sama.

Start dari posisi terdepan bukan serta merta jadi kemudahan bagi Hamilton yang bernaung di tim Mercedes AMG F1. Pembalap dengan nomer start 44 itu dan Nico Rosberg yang start dibelakangnya tak bisa membendung manuver cantik Sebastian Vettel selepas bendera start berkibar. Vettel pun mampu memimpin jalannya lomba sampai beberapa lap dengan dibayangi Hamilton dengan jarak agak jauh.

Sayang strategi masuk pit duluan yang dilakukan Vettel bersama tim Ferrari-nya kurang membuahkan hasil sempurna untuk selalu melesat di urutan pertama. Sementara Rosberg cukup terpuruk di posisi 10 akibat start yang buruk. 

Strategi pit stop yang dijalani Hamilton dan timnya dengan baik membaca pola ganti ban di mobil Vettel, membuat pembalap asal Inggris itu berhasil memimpin lomba. Dari pertengahan lomba sampai lap-lap akhir gacoan Mercedes sukses meraih sukses dengan diikuti Vettel di belakangnya. "Saya menang pertama kali di sirkuit ini pada 2007 dan kali ini terasa sangat luar biasa!," tukas Hamilton di podium puncak.

Yang menarik jelang lap terakhir adalah nafsu Rosberg yang berusaha merebut posisi 4 yang ditempati Max Verstappen malah berujung kegagalan. Mobil Mercy F1 W07 Hybrid pemuncak klasemen sementara itupun melintir karena Verstappen dengan baik menutup jalur overtaking-nya.

Sementara pembalap Indonesia Rio Haryanto harus puas finish di belakang rekan setimnya lagi, Pascal Wehrlein. Pascal finish ke-17 sementara Rio ke-19. "Sebetulnya di awal lomba semuanya berjalan lancar dan saya mampu mengimbangi Pascal. Sayang begitu pitstop terjadi kesalahan dari tim dan lebih lambat dari seharusnya," tutur Rio. Meski begitu ia tak banyak ambil pusing dan berpikir positif, "Setidaknya kedua dari kami kembali bisa finish tanpa insiden."

Pernyataan Rio juga diamini Dave Ryan, Racing Director dari tim Manor. "Jujur, kami sedikit mengecewakan Rio. Ada kesalahan di kami yang menyebabkan pitstop Rio lebih lambat. Itu membuatnya finish paling belakang. Padahal kalau tidak ada kesalahan itu, ia bisa finish di depan pembalap Sauber, Felipe Nasr," tuturnya. "Tapi kami senang dengan performa kedua pembalap kami, dan optimis menuju seri berikutnya di Baku (Azerbaijan) minggu depan."

 

Berikut hasil balap F1 Kanada 2016:

1. Lewis Hamilton    GBR    Mercedes-Mercedes    
2. Sebastian Vettel    GER    Ferrari-Ferrari    
3. Valtteri Bottas    FIN    Williams-Mercedes    
4. Max Verstappen    NED     Red Bull-TAG Heuer
5. Nico Rosberg            GER    Mercedes-Mercedes    
6. Kimi Raikkonen    FIN    Ferrari-Ferrari
7. Daniel Ricciardo    AUS    Red Bull-TAG Heuer    
8. Nico Hulkenberg    GER    Force India-Mercedes    
9. Carlos Sainz Jr    ESP    Toro Rosso-Ferrari     
10. Sergio Perez    MEX    Force India-Mercedes    
   

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com