Proton Perdana 2016 Ambil Basis Honda Accord

Proton Perdana 2016 Ambil Basis Honda Accord

Pada 2013 silam Proton memutuskan untuk meluncurkan Proton Perdana generasi kedua, menjalin kerja sama dengan Honda. Keputusan Proton saat itu memang banyak pro dan kontra mengingat Proton hanya melakukan rebadge terhadap Honda Accord generasi kedelapan dan mengubah sedikit tampilannya.

Tetapi sepertinya itu hanya merupakan langkah awal kerja sama Proton dan Honda, karena pada saat itu Perdana tidak dijual untuk umum melainkan hanya untuk kendaraan pemerintahaan Malaysia. Dua tahun berlalu dan ternyata selama itu pula Proton telah menyiapkan Perdana dengan desain sendiri untuk dijual ke masyarakat umum. Terlihat Perdana terbaru ini tidak lagi berbentuk sedan, melainkan fastback seperti halnya BMW Seri-3 Gran Turismo.

Paultan

Mobil yang berkode P4-28B ini ternyata masih menggunakan sasis awalnya yaitu, Accord generasi kedelapan. Tapi dengan pengembangan dan desain yang baru, mobil ini berhasil menjadi sesosok Perdana yang cukup berkelas. Dan Honda di Malaysia pun tak akan merasa terganggu karena bentuk dan pasarnya pun berbeda dengan Accord generasi sembilan

Tun Dr Mohathir Mohammed, mantan Perdana Menteri Malaysia dan salah satu pendiri Proton, mengatakan, "Mobil ini didesain oleh salah satu perusahaan pesawat. Saat diperkenalkan secara internal kami mengundang banyak vendor dan pengunjung asing dan lokal. Ketika penutup mobil kami lepas, 'wow!' Itu reaksi yang didapat."

Walaupun pada Perdana versi rebadge masih menggunakan mesin Honda, tetapi untuk Perdana yang dijual untuk umum ini digosipkan memakai mesin 2.000 cc turbo rancangan sendiri. Mungkin saja, mengingat Suprima dan Preve pun sudah mengaplikasikan turbo.

Untuk peluncurannya mobil ini akan dilakukan awal tahun depan. Namun mobil ini sudah dipromosikan di film nasional Malaysia berjudul Kapsul pada waktu dekat ini. Bagaimana dengan Indonesia? Belum ada keterangan yang bisa diberikan, tapi melihat Inspira yang berbasis Lancer saja tidak masuk, agak kecil kemungkinan Perdana mendarat di sini.
 

Paultan

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com