Komparasi Virtual Suzuki Ciaz VS Honda City VS Toyota Vios

Honda City dan Toyota Vios, kini kedatangan lawan baru, Suzuki Ciaz
Penulis: Ricky Rahmadi
Selasa, 1 September 2015 18:45 WIB
Berita - Komparasi Virtual Suzuki Ciaz VS Honda City VS Toyota Vios
Bagikan ke:

Honda City dan Toyota Vios setelah sekian lama bersaing head to head, kini datang lawan ke-3, Suzuki Ciaz.

Sedang mencari sedan kecil untuk mobilitas dalam kota? Ketiga pilihan ini bisa menjadi jawabannya. Dengan ukuran hampir sama, begitu pula harga,dan ketiganya merupakan produksi merek mobil ternama Jepang.

Foto - Komparasi Virtual Suzuki Ciaz VS Honda City VS Toyota Vios

Desain, Toyota Vios terbaru mengadopsi gaya yang lebih kaku ketimbang model sebelumnya, penempatan gril besar terlihat seperti kumis lele menjadi ikon mobil yang bermoto "speed maker, fuel saver" tersebut. Lampu depan dilengkapi dengan projector, sayangnya tidak lagi menggunakan bohlam HID seperti model terdahulu. Kini, model sporty dari Vios dengan tambahan bodykit TRD Sportivo telah beredar di pasaran.

Foto - Komparasi Virtual Suzuki Ciaz VS Honda City VS Toyota Vios

Honda City, fascia tidak berubah jauh dengan model sebelumnya, lampu sipit memberi kesan kekinian, juga cantik. Bumper depan dan lekuk cluster foglamp nampak seperti BMW M4, begitu pun lampu belakang yang mirip dengan BMW sedan. Penggunaan antena sirip hiu dan pelek besar 16-inci dua-warna menambah kesan sporty dan elegan sekaligus.

Foto - Komparasi Virtual Suzuki Ciaz VS Honda City VS Toyota Vios

Suzuki Ciaz, pengganti Baleno? Sepertinya begitu, terlihat seperti sedan besar, lampu depan besar menggunakan projector dikombinasikan dengan LED DRL dan grille krom lebar berkesan gagah dan berkelas. Pada buritan menempel lampu belakang besar mirip Suzuki Ertiga yang menyamping.

Foto - Komparasi Virtual Suzuki Ciaz VS Honda City VS Toyota Vios

Interior, Toyota Vios TRD Sportivo menghadirkan nuansa hitam dengan kursi kulit hitam dan merah serta bertuliskan TRD Sportivo dibawah headrest. Material yang digunakan pada dashboard yakni plastik di desain menyerupai kulit, disinilah terkesan sedikit memaksa. Meskipun demikian, layar hiburan utama cukup besar terkoneksi dengan tombol steering switch dan dapat dihubungkan dengan smartphone Anda. Terdapat A/C dengan layar digital bulat di tengah konsol.

Foto - Komparasi Virtual Suzuki Ciaz VS Honda City VS Toyota Vios

Untuk Honda City, well done. Futuristik! Layaknya semua produk Honda menawarkan interior modern, rapi, dan mewah dalam satu package. Tidak ada tombol atau knob A/C, tinggal menyentuh layar yang tertera pada bawa headunit utama lansiran Kenwood itu. Terdapat dua zona pendinginan berbeda, kiri dan kanan. Penumpang belakang juga tidak kepanasan berkat A/C double blower yang tersemat dibawah concole box tengah. Hiburan tersalurkan ke delapan speaker untuk varian ES dan dilengkapi dengan 6-airbags. Dashboard dan doortrim sudah menggunakan kombinasi kulit asli dan plastik. Terdapat fitur yang tidak dimiliki oleh kedua rivalnya ini, yakni Cruise Control, dimana memungkinkan Anda untuk menetapkan kecepatan kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas.

Foto - Komparasi Virtual Suzuki Ciaz VS Honda City VS Toyota Vios

Suzuki Ciaz, mewah dan praktis. Penempatan tombol-tombol yang mudah diraih oleh pengemudi, layar hiburan utama yang besar tidak mengurangi konsentrasi Anda ketika berkendara. Terdapat juga unsur kayu, kulit, plastik, dan metal yang menghiasi ornamen interior Ciaz. Layaknya Honda City dan Vios, Ciaz telah dilengkapi dengan keyless entry, A/C climate control, dan airbag. Mobil ini juga memiliki A/C untuk penumpang belakang. Dibanding kedua kompetitornya, Ciaz memiliki ukuran kabin paling lega lho!

Performa, Toyota Vios menggunakan mesin 1.500cc dengan 109 dk dengan transmisi manual 5-percepatam atau otomatik 4-speed. Sedangkan Honda City dengan mesin berkapasitas sama mampu mengeluarkan 120 dk, transmisi 5-percepatan manual atau CVT. Untuk Suzuki Ciaz, dengan kapasitas mesin 1.400 menghasilkan tenaga yang cukup, 91 dk bertransmisi manual 5-percepatan atau otomatik 4-speed.

Harga, untuk varian tertinggi Toyota Vios TRD Sportivo dibanderol Rp. 313 jutaan. Untuk Honda City varian tertinggi yakni ES Rp. 330 juta. Sedangkan untuk Ciaz harga belum dapat dipastikan sampai Oktober nanti namun Anda sudah bisa antri inden dari sekarang.

#suzuki #ciaz #honda #city #toyota #vios #komparasi

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.