Suzuki Indonesia Tak Terpengaruh Tutupnya Pabrikan di Thailand

Suzuki Indonesia tetap melakukan ekspor ke Thailand dengan mengandalkan tiga produk yakni Ertiga, XL7 dan Carry
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Kamis, 13 Juni 2024 09:00 WIB
Berita - Suzuki Indonesia Tak Terpengaruh Tutupnya Pabrikan di Thailand
Bagikan ke:

OTODRIVER - Suzuki Motor Corporation memutuskan untuk menutup pabrik anak perusahaan otomotifnya di Thailand, Suzuki Motor (Thailand) Co., Ltd. (SMT) pada akhir tahun 2025. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari meninjau struktur produksi global Suzuki.

Dalam keterangan resmi, fasilitas produksi yang berada di Rayong itu harus tutup karena dinilai tidak optimal. Sebagai gambaran pada 2023 silam mereka hanya berhasil memproduksi 7.579 unit mobil dari 60.000 kapasitas produksinya. Tepatnya SMT hanya memproduksi tiga model yakni Swift, Ciaz dan Celerio.

Selain itu Suzuki Motor Corp tengah memfokuskan diri juga untuk membuat mobil hybrid dan listrik di tempat lain.

Apakah tutupnya SMT ini akan membawa dampak bagi Suzuki di Indonesia?

“Sebagai entitas Suzuki yang berbeda negara, kami tidak dapat memberikan keterangan secara resmi. Untuk informasi yang resmi terkait kondisi yang sedang terjadi di fasilitas produksi Suzuki Thailand, saat ini rekan-rekan bisa mengakses secara langsung pengumuman yang telah diterbitkan oleh principal kami sebagai informasi Suzuki global,” tutur Harrold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)

“Jika melihat dari model-model mobil yang diproduksi di Suzuki Thailand, maka tidak ada dampak maupun pengaruh yang akan dirasakan oleh Suzuki Indonesia, karena model yang mereka produksi tidak dipasarkan di Indonesia pada saat ini,” lanjutnya.

Harold menambahkan saat ini Suzuki Indonesia tetap melakukan ekspor ke Thailand dengan mengandalkan produk Ertiga, XL7 dan Carry. (SS) 

#suzuki #ertiga #xl7 #carry #suzuki-indonesia #suzuki-thaland

Bagikan ke:
Jangan lewatkan

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.