VIDEO: Cina Berhasil Bikin Bus Tanpa Sopir

VIDEO: Cina Berhasil Bikin Bus Tanpa Sopir

Google mungkin sudah berulang kali menguji coba mobil-mobil kecil driverless (bisa mengemudi sendiri), di jalanan California, tapi kali ini ada sebuah perusahaan Cina yang ternyata sudah sukses menjalankan bus tanpa dikendalikan sopir. Bahkan dalam uji coba ini lengkap dengan penumpang yang duduk dalam bus yang berkeliling sejauh 32 km di areal perkotaan Zhengzhou.

Yutong, sebagai perusahaan yang membangun kendaraan tersebut mengatakan bahwa uji coba perdana ini berhasil melalui serangkaian tes yang kompleks seperti pindah jalur, menyalip dan merespon tanda lampu lalu lintas. 

Sulit percaya kalau Cina berhasil melakukannya? Simak video berikut.

 

Dalam test drive tersebut sempat menyentuh kecepatan maksimal 67 km/h dan berhasil tiba di tujuan tanpa tergores sedikitpun. Inilah pertama kalinya percobaan yang sukses dari sebuah self-driving bus.

Yutong menghabiskan 3 tahun riset bekerja sama dengan Chinese Academy of Engineering dan para ahli yang menguasai bidangnya. Mereka menciptakan bus yang dilengkapi dengan dua kamera, empat radar laser dan sistem navigasi yang terintegrasi.

Namun perusahaan ini masih akan mengkaji lebih lanjut untuk pengembangan dan pengetesan sebelum peluncuran resminya.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com