Tips Pengecekan Mobil Usai Mudik yang Dapat Dilakukan Sendiri

Tips Pengecekan Mobil Usai Mudik yang Dapat Dilakukan Sendiri

Musim mudik telah usai, perjalanan ke kampung halaman kemudian kembali lagi ke Jakarta merupakan perjalanan yang melelahkan. Tidak hanya pengemudinya saja yang mengalami kelelahan, tetapi mobil yang digunakan pun turut merasakan lelahnya perjalanan.

Ada baiknya, setelah pulang dari kampung halaman mobil kesayangan harus di cek kesehatannya. Auto2000 memiliki tips yang dapat dilakukan pemilik mobil untuk mengecek kendaraannya usai mudik yang dapat dilakukan sendiri.

 

Pertama, cek tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Cek juga kondisi fisik ban mulai dari telapak ban hingga ke dinding ban. Ukur ketebalan telapak ban dan pastikan tidak ada cacat fisik di dinding ban. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi pelek dan juga ban serep.

Kemudian lakukan pengecekan takaran oli mesin via dipstick. Segera tambahkan oli jika kurang dan perhatikan kondisi fisik oli. Jika volume oli mesin berkurang banyak dan terjadi perubahan fisik, segera bawa mobil ke bengkel resmi terdekat untuk pemeriksaan.

 

Jangan lupa mengecek di area kaki mobil. Area kaki-kaki terdapat empat komponen penting sekaligus yakni sistem kemudi, suspensi, rem, dan penggerak roda. Periksa jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek. Lakukan spooring dan balancing di bengkel untuk membuatnya fit kembali.

Terakhir adalah cairan mobil. Perjalanan mudik sangat menyiksa mobil dan bagian yang terkena imbas pertama adalah cairan mobil. Lakukan pengecekan air radiator, air aki basah, minyak rem, minyak kopling manual, freon AC, oli transmisi otomatis, hingga air wiper. Jika volumenya berubah tambahkan sesuai takaran dan pastikan tidak ada kebocoran ataupun kerusakan.

"Segera lakukan pengecekan kendaraan setelah mudik lebaran untuk memastikan mobil tetap dalam kondisi prima. Agar lebih mudah dan menyeluruh, bisa meminta bantuan Auto2000 di bengkel resmi atau mengorder layanan THS (Toyota Home Service)," ujar Ricky Martawijaya selaku Senior Division Head Auto2000, Jum'at (14/6).

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com