Ripple Effect Si Kemacetan Hantu

Ripple Effect Si Kemacetan Hantu

Kemacetan masih menjadi cerita yang masih terdengar hingga saat ini. Kendati infrastruktur jalanan seperti tol sudah jauh lebih baik, namun yang namanya macet masih rutin kita dapati sepanjang hari.

Namun pernahkan Anda mengalami kemacetan tanpa diketahui apa yang menjadi biang keladi kemacetan tersebut. Kemacetan ini tidak disebabkan hal-hal teknis seperti kecelakaan, perbaikan jalan, mobil mogok, ataupun lampu merah.

 

Seperti dilansir nytimes.com, kemacetan tersebut lebih disebabkan oleh hal non teknis seperti tabiat berkendara yang salah seperti melakukan zig-zag atau terlalu agresif ataupun sebaliknya terlalu pelan, sehingga menyebabkan pengemudi di belakangnya memperlambat laju kendaraan.

Hal inilah yang menyebabkan kemacetan ‘hantu’ yang hilang tanpa ada bekas dan fenomena ini disebut sebagai ripple effect. Sebuah fenomena yang tercipta karena akumulasi perlambatan kendaraan yang menimbulkan efek domino di mana pada suatu titik tertentu jalanan benar-benar macet karena perlambatan itu. Simak videonya di bawah ini.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com