Kementerian ESDM: Transaksi Di SPKLU Naik Lima Kali Lipat

Kementerian ESDM: Transaksi Di SPKLU Naik Lima Kali Lipat

OTODRIVER - Kementerian ESDM mengatakan bahwa transaksi penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada Mudik Lebaran 2024 meningkat 5 kali lipat dibanding Mudik Lebaran 2023, yakni dari 906 transaksi menjadi lebih dari 4.500 transaksi.

"Transaksi tertinggi terdapat pada SPKLU Rest Area KM 57A sebesar 1.323 KWH, dan untuk SPKLU Non Rest Area terdapat pada SPKLU UID Jakarta Raya sebesar 4.632 KWH," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Agus Cahyono Adi , pekan ini di Jakarta (9/4).

Agus menambahkan, peningkatan pengguna kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) yang melakukan libur mudik lebaran juga sudah diprediksi oleh Kementerian Perhubungan. Terdapat 4.000 EV yang diproyeksikan akan berpartisipasi dalam Mudik Lebaran 2024. Sebagaimana dikutip dari Antara.

Berdasarkan realisasi hingga 7 April 2024, sudah terdapat lebih dari 2.500 pengguna EV yang melakukan mudik dan akan terus bertambah.

Sementara dari sisi konsumsi daya, pada periode arus mudik tahun 2024 (hingga H-3 lebaran) bahkan meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan periode arus mudik tahun 2023, yaitu dari 17 MW menjadi lebih dari 92,4 MW.

Jika masyarakat membutuhkan bantuan pengisian daya darurat ataupun bantuan lainnya terkait SPKLU, bisa menekan pop up hotline SPKLU pada Aplikasi PLN Mobile.

Bersamaan dengan layanan khusus SPKLU, PLN juga menyiagakan tiga unit SPKLU bergerak yang akan menyisir ruas tol Jakarta–Cileunyi dan tol Jawa Tengah–Jawa Timur. Sebelumnya, PLN bersama para mitra juga telah membangun 175 SPKLU tambahan sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa.

Penambahan 175 SPKLU tersebut mengakibatkan jumlah SPKLU di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa mencapai 239 unit dan tersebar di 104 lokasi, dari yang sebelumnya hanya berjumlah 64 unit SPKLU.

Secara keseluruhan, jumlah SPKLU di Indonesia sudah mencapai 1.299 unit dan tersebar di 879 titik lokasi.

Ada juga SPKLU Mitra yang gratis

Selain disediakan oleh PLN ada juga 47 unit SPKLU yang siap melayani para pemudik yang mengendarai mobil listrik selama periode perjalanan arus mudik-balik Libur Lebaran 2024. "Ada 47 Lot SPKLU gratis itu tersebar di 12 lokasi utama, seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, Kediri, Bali, dan IKN," kata Dirut Utomo Charge+, Anthony Utomo, dalam keterangannya yang diterima pekan ini (10/4).

Dijelaksan lagi oleh Anthony, layanan pengisian daya kendaraan listrik gratis yang diinisiasi perusahaan energi Utomo Charge+ tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat hingga 14 April atau H+ Lebaran 2024.

Ia memastikan, para pemudik hanya perlu untuk mengunduh aplikasi Charge+ yang tersedia di ponsel masing-masing, kemudian membuka akun dengan menggunakan email atau nomor telepon.

Untuk mengetahui lokasi ‘SPKLU gratis’ ini bisa mengunduh aplikasi Charge+, bisa juga kontak ke nomor 0817-1771-7077, alamat surat elektroniknya di [email protected].

Selanjutnya, untuk mengikuti tata cara pembayaran via QRIS atau kartu kredit, melakukan memindai kode batang pada layar SPKLU, dan akhirnya melakukan pengisian daya. Setelah selesai para pengguna akan menerima pengembalian dana atau cashback 100 persen.

Para pengguna mobil listrik yang isi ulang daya di Charge+ nantinya dapat merasakan keunggulan fitur unggulan yakni “DC ultra-fast charging”, kebutuhan waktu isi ulang dayanya mulai dari 20 menit. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com