Mengapa Lampu Belakang Berwarna Merah? Ini Alasannya

Mengapa Lampu Belakang Berwarna Merah? Ini Alasannya

Pernahkah terlintas di benak Anda 'mengapa lampu belakang diberi dengan warna merah?' Mengapa warna ini yang kemudian sepakat dipilih?

Jawabannya cukup logis karena cahaya warna merah adalah warna cahaya yang memiliki panjang gelombang 630-760 Nanometer (nm), paling panjang dari jenis warna lainnya. Artinya warna ini menjadi warna yang paling terlihat dari jauh dan memiliki kemampuan tembus yang baik.

Tak aneh jika warna merah ini sering dipakai pada menara ataupun gedung-gedung tinggi dengan tujuan supaya terlihat oleh pesawat terbang dari jauh dalam kondisi berkabut sekalipun.

 

Kembali ke mobil, dasar penggunaan warna lampu belakang merah berdasarkan pada teori serupa.

Seperti dikutip dari Wikipedia.com, dasar regulasi warna lampu belakang ini  disahkan pada hasil Vienna Convention on Road Traffic pada tahun 1949. Dalam konferensi tersebut warna merah merupakan mandatory untuk warna lampu belakang dan segera disetujui oleh pabrikan kendaraan bermotor .

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com