Lakukan Hal ini Pada Mobil Setelah Sampai di Kampung Halaman

Lakukan Hal ini Pada Mobil Setelah Sampai di Kampung Halaman

Tak jarang perjalanan mudik lebaran harus ditempuh dalam waktu yang cukup panjang dan melelahan. Setelah sampai di kampung halaman, mobil harus tetap dipantau kondisi dan kebersihannya. Karena tak jarang, mobil akan dipakai untuk kegiatan lain bersama handai taulan.

“Memantau kondisi mobil mungkin tidak begitu banyak dikhawatirkan jika mobil masih relatif baru, namun bagi yang sudah mulai berumur merupakan keharusan agar mobil prima saat digunakan untuk kembali saat kembali ke kota asal,” terang Haryadi Nugroho, seorang pebengkel di Tegal, Jawa Tengah.

 

Menurut pria ramah ini ada 4 hal yang wajib diperiksa dan memegang peran penting yang harus dicek:

1. Cek Aki dan perangkat pengisian listrik

Aki merupakan tulang punggung bagi mobil anda. Namun kadang peranti ini menjadi bagian yang paling tidak bisa diprediksi kondisinya. Tidak sedikit tiba-tiba aki drop karena berbagai sebab. Oleh karena itu kondisinya perlu dipantau secara khusus. Selain itu perangkat pengisian listrik, alternator menjadi bagian yang perlu dicek.

2. Cek Rem

Perjalanan panjang dan syarat muatan menjadikan mobil mengalami lonjakan pemakaian  dan beban dari biasanya. Potensi susutnya performa bagian mobil hingga kerusakan pun lebih besar terjadi. Periksalah rem tersebut melalui bagian luar serta dalam mobil.

3. Cek Oli

Pelumas mobil menjadi perhatian jika mobil usai digunakan dalam perjalanan jauh. Pastikan jumlah oli tidak kurang dari batas bawah yang tertera di tongkat (dipstick oil). Untuk mengetahui kualitasnya, teteskan sedikit oli di jari tangan dan gesekkan di kedua jari. Bila cairan oli terasa pekat atau bahkan terasa ada butiran, maka harus diganti.

4.Cek Ban

Ban merupakan bagian yang bersentuhan langsung dengan berbagai kondisi jalan yang anda lalui. Selain penipisan, ban juga wajib diperiksa termasuk melihat dampak yang disebabkan selama perjalanan seperti kemungikinan sobek terkena batu ataupun benjol.

Tidak ada salahnya jika melakukan wheel alignment (spooring dan balancing) untuk menjaga kondisi ban tetap prima.

5. Bersihkan bodi dan kabin

Mencuci dan membersihkan mobil sesampainya di tujuan. Bodi hingga kolong mobil dibersihkan dan tentu bagian interiornya sehingga mobil kembali bersih dan segar saat digunakan.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com