Pemudik Pengguna Jalan Tol Dilarang Istirahat di Rest Area

Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Kamis, 20 April 2023 15:00 WIB
Berita - Pemudik Pengguna Jalan Tol Dilarang Istirahat di Rest Area
Bagikan ke:
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengimbau agar para pemudik tidak berlama-lama di rest area.

Saat ini sedang terjadi puncak arus mudik lebaran 2023, dimana sudah mulai terjadi kemacetan panjang di jalan tol. Dalam perjalanan mudik, tak sedikit yang menempuh jarak yang jauh dan membutuhkan istirahat di rest area.

Namun dalam pelaksanan mudik tahun ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengimbau agar para pemudik tidak berlama-lama di rest area, hanya digunakan untuk mengisi bahan bakar, membeli bekal makanan, atau pergi ke toilet.

"Untuk rest area saya mohon kepada pemudik ke mana saja tujuannya jangan dijadikan rest area untuk tempat istirahat, tapi rest area cukup untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan yang mendesak bisanya untuk makan akan dibawa," ujar Muhadjir Rabu (19/4).

Ia menyarankan sebaiknya pemudik yang hendak beristirahat keluar tol terlebih dahulu ntuk dapat beristirahat di tempat-tempat khusus yang telah disediakan oleh jajaran kepolisian.

“Kalau memang betul-betul sudah sangat lelah, keluar di exit toll terdekat. Kaditlantas dan Pak Kapolda sudah menyiapkan tempat untuk beristirahat cukup lama untuk tidur sejenak," kata Muhadjir. Nantinya, pemudik dapat melanjutkan perjalanan kembali setelah berisitrahat Ia pun memastikan bahwa pemudik tidak akan dikenakan biaya lagi ketika masuk jalan tol.

Sementara itu, terkait dilarangnya beristirahat di rest area menurut Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, pemerintah dinilai perlu mengantisipasi peningkatan arus mudik Lebaran tahun ini dengan menambah fasilitas di rest area.

"Penambahan tempat-tempat istirahat di luar tol yang masih berdekatan dengan pintu tol. Dengan demikian, tidak terjadi pemanfaatan bahu jalan tol untuk beristirahat yang memicu kemacetan. Bahu jalan tol harus bersih dari lalu lintas kendaraan yang tidak diijinkan. Bahu jalan tol digunakan untuk aktivitas darurat," ujar Djoko kepada OtoDriver beberapa waktu lalu.

#mudik #arus-mudik #mudik-lebaran #rest-area

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.