Komparasi Spek Toyota Yaris VS Mazda 2

Komparasi Spek Toyota Yaris VS Mazda 2

Yaris adalah sebuah hatchback yang namanya cukup populer di tanah air. Terlebih brand Toyota yang memproduksinya memiliki jaringan dealer yang banyak di Indonesia, hal tersebut membuat penjualan Yaris tetap stabil meskipun tidak banyak ubahan di setiap generasi.

Selain bersaing dengan Honda Jazz dan Suzuki Swift, Yaris juga berhadapan dengan Mazda 2 dalam hal dimensi dan mesin. Hanya saja penjualan Mazda 2 tidak sebanyak Yaris, meskipun banyak fitur canggih yang dimilikinya. Berikut perbandingan keduanya.

 

Mesin

Toyota Yaris mengusung mesin DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc dengan tenaga puncak 107 ps dan torsi 140 Nm. Sedangkan Mazda 2 dipersenjatai mesin SKYACTIV-G 1.500 cc 4 silinder DOHC 16 klep dengan Dual S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control) yang bisa menyemburkan tenaga 110 ps pada rpm 6.000 dan torsi puncak 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Meskipun hanya selisih sedikit, namun pada sektor performa mesin Mazda 2 lebih unggul ketimbang Yaris. Sementara itu keduanya Yaris menyalurkan tenaga mesinnya lewat transmisi CVT, sedangkan Mazda 2 mempercayakan SKYACTIV-DRIVE otomatik 6 percepatan.

Dimensi

Sebagai hatchback kompak, Yaris lahir dengan dimensi panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm dan wheelbase 2.550 mm. Sementara Mazda 2 memiliki panjang mencapai 4.060 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.495 mm dengan wheelbase 2.570 mm.

Meskipun memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang, namun dimensi Mazda 2 sedikit lebih mungil. Hal ini membuat para penumpang belakang terasa lebih sempit ketika duduk di dalam Mazda 2.

 

Fitur

Sebagai hatchback yang cukup populer di pasar Indonesia, keduanya sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar seperti Dual airbags, EBD, ABS dan juga memiliki pengaturan mode berkendara.

Sementara untuk urusan fitur di dalam kabin, Mazda 2 sedikit lebih unggul karena telah memiliki head up display yang ditempatkan di atas panel instrumen All New Mazda 2, kemudian Mazda 2 juga sudah dilengkapi voice command.

Harga

Yaris tipe terendah E M/T dijual Rp 238,35 juta dan tipe tertinggi TRD Sportivo dipasarka Rp 278,85 juta. Sementara Mazda 2 tipe R AT dijual Rp 285,3 juta dan yang tipe tertinggi GT AT dijual Rp 323,3 juta.

Mazda 2 dijual sedikit lebih mahal, namun sudah memiliki banyak fitur yang lebih canggih dan pengendalian yang terasa lebih baik.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com