First Impression : Suzuki All New Jimny

First Impression : Suzuki All New Jimny

Suzuki All New Jimny atau Suzuki Jimny Generasi IV sudah mulai dikirimkan ke dealer-dealer. Salah satunya bahkan kami temui di bilangan Pondok Gede, Bekasi.

Penasaran dengan rasanya, tim Otodriver langsung mencicipi SUV mungil ini di halaman show room. Sayang, waktu yang sangat terbatas membuat kami tidak bisa mengeksplor lebih jauh tentang performanya.

Jimny berkode JB74 ini memiliki akses keluar masuk penumpang yang mudah. Untuk menemukan posisi duduk yang nyaman, setingan kursi dan pengaturan setir juga tergolong cukup ergonomis.

Kenyamanan pada bagian depan, sayangnya tidak ditemui di bangku belakang. Akses utama ke kabin belakang hanya dapat diakses melalui pintu depan sebelah kiri, dan terasa kurang praktis karena harus menggeser dan melipat bangku depan.

Ketika duduk di balik kemudi, kita langsung dengan mudah mendapatkan pandangan ke depan, dasbor yang landai serta kaca depan yang lebar membuat pengemudi tidak keselutian mengemudikan Jimny. Demikian pula juga mengatur sudut spion untuk sisi kiri dan kanan.

Untuk unit tes yang kami coba, mengandalkan transmisi otomatik 4 percepatan. Saat dinyalakan, mesin berkode K15B 1.460 cc ini cukup halus dan minim getaran. Bisa dikatakan bahwa mesin baru ini lebih senyap dibandingkan M13A berkapasitas 1.328 cc yang digunakan Jimny Wide generasi III.

Walau mencobanya di halaman yang sempit, namun kolaborasi kinerja mesin dan girboks dari seri terbaru ini terasa jauh lebih halus dan mantap ketimbang model terdahulunya. Bahkan untuk kenyamanan, meskipun area tes yang berlantai konblok, suspensi coil spring dan rigid axle yang digunakannya terasa lebih empuk.

Kesimpulan

Suzuki All New Jimny memiliki mesin paling besar di antara keluarga Jimny lainnya. Beberapa peningkatan juga cukup menunjang kenyamanan berkendara pada model terbaru.

Sementara dari segi desain, Suzuki mencoba menorehkan guratan nostalgia dengan hadirnya garis bodi yang merupakan kombinasi Jimny Gen I dan Gen II diterapkan dengan bahasa desain modern saat ini. Aksen klasik ini salah satunya terlihat dari penggunakan jenis engsel luar pada pintu belakangnya.

Kelebihan

  • Tenaga besar
  • Pilihan transmisi
  • Dilengkapi sistem 4x4 canggih, Suzuki All-Grip System yang lebih advance.
  • Gardan rigid dan sasis tangga, tangguh untuk off-road ekstrem

Kekurangan

  • Akses kabin belakang susah
  • Kabin belakang sempit
  • Lama waktu pemesanan

 

Spesifikasi

Harga                         : Rp 315.500.000 (MT)

                                     Rp 328.000.000 (AT)

                                     Rp 317.500.000 (MT Two tone)

                                     Rp 330.000.000 (AT Two tone)

Mesin                         : K15B 1.460 cc 16 Valve DOHC VVT

Tenaga                      : 102 PS/6.000 rpm

Torsi                           : 130 Nm/4.000 rpm

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com