Setelah Mudik Rem Mobil Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya

 Aditya Widiutomo    26 April, 2024
Tips

OTODRIVER - Pasca "bertugas" digunakan berlibur dengan jarak tempuh yang cukup jauh, biasanya mobil tak lagi dalam kondisi prima seperti pada hari keberangkatan. Beberapa gejala pun kerap dirasakan pada mobil yang digunakan setelah mudik.

Salah satu gejala mobil yang tak lagi dalam kondisi prima biasanya adalah kerap bergetar saat pengereman. Biasanya getaran dirasakan dalam skala kecil hingga besar.

Ilustrasi rem mobil

Namun, rupanya hal ini lumrah terjadi. Raharjo selaku pemilik bengkel Key Auto, Jakarta, menjelaskan bahwa getaran biasanya terjadi dikarenakan piringan rem yang tidak rata.

“Biasanya kalau dilakukan pengereman terjadi getaran, piringan remnya tidak rata,” jelasnya ketika ditemui di bengkelnya yang terletak di kawasan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu ketika diwawancarai oleh tim OtoDriver.

Ia juga menambahkan, hal ini terjadi karena bagian rem mengalami tingkat kepanasan yang berlebih. “Piringan rem yang tidak rata karena rem terlalu panas usai perjalanan jauh,” lanjutnya.

Namun tak perlu khawatir, Raharjo menjelaskan cara mengatasi permasalahan tersebut.

“Piringan rem yang tidak rata bisa diatasi dengan cara dibubut. Biayanya Rp 100 sampai 200 ribu. Namun, jika piringan sudah tipis jangan dibubut. Harus diganti dengan yang baru,” tutupnya. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsHal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mencuci Mobil Sendiri17 jam laluBeritaMudik In Style 2024: Volvo XC90 Recharge Jabodetabek-Tasikmalaya PP Tanpa Isi Bahan Bakar28 April 2024BeritaLebaran Tahun Depan, Contra Flow Untuk Jalan Tol Akan Dikawal “Safety Car”21 April 2024BeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV20 April 2024

Trending

Daftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)
Cocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini
Daftar Harga NISSAN Terbaru (April 2024)
Daftar Harga MAZDA Terbaru (Mei 2024)
GWM Tank 500 Hybrid Bisa Ditebus Mulai Rp 200 Jutaan, Begini Skema Kreditnya

Berita Terbaru

BeritaJeep Pastikan Gladiator Punya Opsi PHEV Tahun Depan12 jam laluBeritaPLN: Seluruh Rest Area Sumatera-Jawa Tersedia SPKLU13 jam laluBeritaHonda Prelude Akan Gunakan Mesin 2.000 cc Hybrid Bertenaga 207 Hp13 jam laluMobil ListrikZeekr 009, Sosok MPV EV Yang Tengah Dibidik Masuk Indonesia13 jam laluBeritaVolkswagen California PHEV Segera Meluncur Sebagai Camper Van Modern14 jam laluTipsHal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mencuci Mobil Sendiri17 jam laluBeritaAkar Masalah Sumbu Roda Chery Omoda 5 Patah Terkuak, Adanya Kesalahan Kalibrasi Alat Las18 jam laluDaftar HargaDaftar Harga KIA Terbaru (Mei 2024)19 jam lalu