Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Tips

5 Persiapan Yang Wajib Dilakukan Agar Perjalanan Mudik Lebih Aman

Mempersiapkan kondisi fisik, mengetahui rute adalah salah satu dari banyak persiapan yang perlu dilakukan saat mudik ke kampung halaman.
Tips - Kamis, 28 April 2022 15:00 WIB
Penulis : Ahmad Biondi


Saat ini kita sudah memasuki masa libur lebaran dan banyak digunakan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Mengemas barang yang akan dibawa hingga rencana perjalanan wisata tentunya sudah dipersiapkan bagi yang akan melangsungkan mudik. Namun sebelum kita menjalankan itu semua, jangan lupa perhatikan kesiapan serta perlindungan akan kendaraan pribadi yang hendak digunakan. Karena hal tersebutlah yang menjadi penentu dari berbagai rencana yang sudah dibuat untuk mudik nanti. Simak tips beberapa hal yang dipersiapkan agar mudik aman dan hati tenang versi Asuransi Astra :

1.       Ketahui informasi mengenai kebijakan rute perjalanan

BACA JUGA

2.      Persiapkan surat-surat penting & peralatan darurat

SIM, STNK, dan KTP adalah tiga surat penting yang wajib dibawa saat berkendara. Adapun kelengkapan surat-surat ini membuktikan legalitas administratif diri dan kendaraan, serta bukti bahwa pengemudi sudah memenuhi syarat untuk mengendarai mobil atau motor yang digunakan saat mudik. Selain itu lengkapi juga kendaraan Anda dengan peralatan darurat seperti tool kit, ban cadangan untuk pengguna mobil, jas hujan dan helm SNI untuk pengguna motor.

3.      Perhatikan kondisi kendaraan

Sebelum memutuskan untuk mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan berfungsi normal. Seperti rem, wiper, lampu, hingga ban. Selanjutnya, sebagai pengguna kendaraan juga wajib untuk menjaga muatan baik untuk jumlah orang maupun barang yang akan dibawa. Sehingga selain dapat membuat nyaman saat perjalanan, hal tersebut juga tentunya dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

4.      Perhatikan kondisi fisik

Tubuh fit dan prima juga tidak boleh diabaikan saat ingin berkendara apalagi dengan jarak yang jauh dan waktu tempuh yang lama. Jangan memaksakan diri apabila dirasa mengantuk ataupun lelah. Istirahat terlebih dahulu di tempat peristirahatan demi keamanan diri sendiri dan juga pengemudi lainnya. Selain itu, meskipun kini yang diperbolehkan mudik sudah melakukan vaksin booster Covid-19, kita masih tetap wajib untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, hingga mengurangi kontak fisik.

5.      Simpan nomor telepon darurat

Perlu diingat bahwa yang namanya risiko akan selalu ada tanpa bisa diduga seperti ban kempes, mobil mogok, kehabisan bahan bakar saat di jalan, kunci mobil tertinggal di dalam mobil, hingga kecelakaan. Simpanlah nomor telpon yang dapat membantu di saat darurat tersebut seperti nomor telepon polisi, nomor telepon jasa jalan tol atau nomor telepon layanan darurat untuk jalan yang dilalui. Selain itu, alangkah lebih baiknya perjalanan mudik ini dilengkapi dengan asuransi perlindungan kendaraan yang dapat diandalkan.

“Asuransi Astra hadir untuk mendampingi para pemudik agar lebih peace of mind saat berkendara. Bagi pelanggan Garda Oto, berbagai layanan siap menemani perjalanan mudik, mulai dari layanan darurat Garda Siaga gratis dan contact center Garda Akses 1 500 112 yang siap membantu selama 24 jam, layanan Garda Center yang siap melayani di hari libur, kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, hingga layanan melalui Garda Mobile Otocare yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan begitu mudik kita dapat terasa lebih aman, nyaman, dan tentunya tanpa khawatir,” ujar L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra.


Tags Terkait :
Asuransi Astra Tips Perjalanan Mudik
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Beberapa Risiko yang Tak Ditanggung Asuransi Kendaraan, Apa Saja?

11 bulan yang lalu


Berita
Mobil Dijual ke Orang Lain, Asuransi Otomatis Hangus!

11 bulan yang lalu


Berita
Hadapi Banjir, Garda Oto Siapkan Layanan 24 Jam Gratis

4 tahun yang lalu


Tips
Perhatikan, Inilah Hal-hal Yang Tidak Bisa Ditanggung Asuransi All Risk

7 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Bukan Bule, Justru Orang Asia Pengguna Mobil Mewah Tahan Peluru Pertama Di Dunia

2 jam yang lalu


Berita
BMW Seri-6 Bakal Terlahir Kembali, Tapi XM Tak Punya Penerus

4 jam yang lalu


Berita
Bukan Carnival Apalagi EV9, Inilah Mobil KIA Terlaris Saat Ini

8 jam yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Ada Apa Saja Di Sana, Panduan Lengkap, Peserta, Tiket Dan Shuttle

9 jam yang lalu


Berita
BYD Kembali Lewati Tesla Sebagai Penjual Mobil Listrik Terlaris di Dunia, Ini Buktinya

12 jam yang lalu