Upping Price Suzuki Jimny-5 door, YLKI Sebut Tidak Ada Pelanggaran Hak Konsumen

 Aditya Widiutomo    21 February, 2024
Berita

OTODRIVER - Suzuki Jimny 5-door telah meluncur di Indonesia. Namun sesaat setelah peluncurannya, ada fenomena menarik yang terjadi pada mobil ini.

Karena antrean inden yang sangat panjang, beberapa dealer melakukan upping price pada SUV Ladder Frame berpenggerak empat roda ini untuk konsumen yang ingin mendapatkan unit secara cepat. Bahkan, selisih harga normal dengan upping price-nya bisa lebih dari Rp 50 jutaan. Sebagai gambaran, varian tertinggi yang pada saat peluncuran di labeli di angka Rp 478,6 juta, tapi pada prakteknya saat dijajakan sales berada di angka Rp 530 juta.

Suzuki Jimny 5 Doors

Namun, menurut pandangan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, hal ini ternyata bukanlah sebuah pelanggaran hak konsumen. Menurut Tulus Abadi selaku Ketua Pengurus Harian YLKI, cara ini merupakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh dealer.

“Ini kan lebih ke strategi marketing yang diterapkan oleh masing-masing dealer untuk menarik konsumen. Yang terpenting tidak ada unsur pelanggaran hak-hak konsumen,” ujarnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver, Selasa (20/2).

Masih menurutnya, fenomena ini terjadi karena adanya permintaan dan juga harga yang terbentuk dari mekanisme pasar. "Permintaan tinggi sedangkan stok barang rendah," imbuhnya.

“Harga mobil tidak diatur oleh regulator, tapi mekanisme pasar. Asal tidak melakukan penipuan dan manipulasi,” tambahnya.

Suzuki Jimny 5-door sendiri hadir dalam 4 varian di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan testimoni bahwa harga tersebut adalah suggention price atau harga rekumendasi yang ditempatkan mulai dari Rp 462 juta hingga Rp 478,6 juta.

"Pada dasarnya dealer punya hak untuk menjual sesuai dengan kebijakannya masing-masing. Selanjutnya mekanisme pasar yang membuat barang ini sedemikian diinginkan," beber  Zulfikar Rafi Al Ghany, Public Relation Head PT SIS, saat ditemui Selasa (20/02).

Sebagai gambaran, pihak SIS mengatakan bahwa sebanyak 1.200 unit Suzuki Jimny 5-door telah dipesan di market Indonesia. Dan mobil ini harus diimpor dari India dengan batas kuota 100 unit per bulannya. Hitungan kasarnya, dengan semua instrumen data yang ada saat ini, pihak Suzuki baru bisa memenuhi semua pemesanan sebanyak 1.200 unit  ini dalam 9 hingga 12 bulan ke depan.  (AB/AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri1 hari laluBeritaSuzuki Jimny 3 Door Terkena Recall Di Indonesia3 hari laluBeritaSuzuki Jimny Sodorkan Godaan Berwujud Pikap08 April 2024BeritaSuzuki S-Presso Tak Bisa Dibandingkan Dengan Karimun04 April 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaMudik In Style 2024, Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce1 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan3 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion5 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 7 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 21 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20241 hari lalu