Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Tourbillon, Mobil Hybrid Pertama Dari Buggati Dengan Letupan Daya 1.700an Hp

Menggunakan mesin V16 8,3 liter dan tiga motor listrik
Berita - Sabtu, 22 Juni 2024 15:00 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko
tourbillon


OTODRIVER - Bugatti Automobiles memperkenalkan hypercar terbarunya yakni Bugatti Tourbillon (baca tur-bi-yong). Mobil ini merupakan kinerja pertama brand asal Perancis ini sejak berada di bawah kendali Mate Rimac.

 Mungkin yang belum familiar dengan nama Rimac, sedikit informasi bahwa ini erat hubungannya dengan label Rimac sebuah pabrikan mobil sport asal Kroasia. Di mana kemudian Rimac dan Buggati menjadi kerjaasama pada 2021 silam. Dan sejak saat itu pula Mate duduk sebagai Chief Executive Officer Buggati.

Kembali ke Tourbillon, mobil yang luar biasa ini tetap mempertahankan  mesin bakar, tapi mesin konvigurasi W16 8.0 liter Quad Turbo tak lagi dipakai dan digantikan dengan mesin V16 8.3 liter non turbo yang dikembangkan bersama Costworth ini mampu dipilin hingga memompa daya hingga 986 hp dan torsi 900 Nm.

Tourbillon
BACA JUGA

Hasilnya tiga motor listrik disusupkan pada mobil untuk membantu menggerakkan roda depan dan belakang. Dua motor listrik ditempatkan di roda depan memberikan kontribusi daya total 670 hp dan torsi 3.000 Nm on wheel. Sedangkan satu motor listrik dibenamkan di antara mesin dan transmisi dengan tenaga 335 hp dan torsi 240 Nm.

Sehingga gabungan mesin V16 dan ketiga motor listrik tersebut mampu menghasilkan daya 1.775 hp dan diklaim bisa digeber hingga kecepatan 445 km/jam.

Seperti dikutip dari fastcompany.com, salah satu keistimewaan dari Tourbillon ada pada bobotnya. “Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah mobil hibrida lebih ringan dibandingkan pendahulunya dengan sistem pembakaran,” kata Rimac. Ia mengatakan bahwa mobil ini banyak menggunakan material ringan namun kuat seperti titanium dan paduan cetakan 3D dengan material alumunium hingga material karbon fiber.

Tourbillon

Walau demikian ia belum bersedia menyebutkan bobot keseluruhannya. 

Sedangkan dari sisi desain, Tourbillon dibiakkan dari bahasa desain yang digunakan pada Veyron dan Chiron. Desain ini menggabungkan keelokan visual yang detail dan juga kecerdasan engineering masa kini.

Mengenai harga, dikabarkan akan dibanderol mulai USD $ 4 juta atau setara Rp 66 miliar. Saat ini mobil yang dibuat di Molsheim, Perancis ini masih dalam tahap ditawarkan dan direncanakan mulai diedarkan pada 2026 mendatang. (SS) 


Tags Terkait :
Buggati Hypercar Buggati Tourbillon Buggati Hybrid Car Buggati Automobiles
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Tourbillon, Mobil Hybrid Pertama Dari Buggati Dengan Letupan Daya 1.700an Hp

3 minggu yang lalu


Berita
Wow, Harga Satu Set Body Depan Buggati Chiron Setara Tiga Jeep Wrangler

2 tahun yang lalu


Berita
Hypercar Ini Bisa Melesat Melebihi Pesawat Jet!

6 tahun yang lalu


Berita
Bugatti Veyron Masuk Ke Indonesia Tanpa Bisa Dimiliki

7 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Sedan Berperforma Tinggi Audi Tetap Pertahankan V8 Untuk Tandingi M5 dan AMG

2 jam yang lalu


Berita
Garansi Seumur Hidup Neta Hanya Berlaku Untuk Konsumen 2024

3 jam yang lalu


Berita
Hyundai: Hingga Saat ini, Konsumen Masih Ragu Beli Mobil Listrik

6 jam yang lalu


Berita
Tank 300 Tertangkap Lensa Di Indonesia, Sebelum GIIAS 2024

15 jam yang lalu


Berita
Otoproject Perluas Jangkauan Buka Gerai Kesembilan Di Surabaya

16 jam yang lalu