Proyek Mobil Buatan Apple Dibubarkan

 Erie W. Adji    28 February, 2024
Berita

OTODRIVER – Meski sudah berjalan sejak seberapa tahun lalu dan telah meluncurkan sejumlah prototype, akhirnya proyek mobil dari Apple Inc. harus dikubur. Perusahaan asal California, AS itu secara tegas menyatakan menghentikan proyek yang sudah habiskan anggaran miliaran dolar AS itu.

Meski tidak pernah diungkapkan secara resmi proyek mobil listrik ini dimulai pada tahun 2014.

Sejatinya ini merupakan proyek ambisius, bahkan melebihi Tesla dan semua proyek mobil listrik yang ada saat ini. Karena pertama kalinya ada mobil yang semua fiturnya terhubungan dengan gawai personal digadang-gadang sebagai produk kendaraan paling sesuai dengan kehidupan manusia.

Perusahaan rintisan Steve Jobs itu ingin menggabungkan tiga unsur utama; voice-activated navigation, autonomous capabilities dan luxurious design features. Tiga unsur itu diyakini akan bisa membuat calon mobil baru itu akan kompetitif jika berhadapan dengan Tesla Model S dan BMW i7.

Padahal di awal tahun ini juga proyek ini masih mendapat sinyal positif untuk terus berlanjut.

Belum ada kepastian nasib 2.000 orang yang berada di bawah proyek arahan Jeff Wiliams (COO Apple Inc.) dan Kevin Lynch (VP Apple) ini, apakah mereka akan dipertahankan atau diputus kontrak kerjanya. 

Sebagaimana dikabarkan oleh Bloomberg, proyek yang tadinya akan menghadirkan mobil dengan ‘merek’ iCar itu sebenarnya dalam beberapa waktu belakangan juga tidak sepenuhnya didukung oleh induk perusahaan.

Sejumlah keraguan perihal daya beli calon konsumen, kondisi ekonomi makro, sampai potensi keuntungan dari proyek tersebut dikabarkan ikut menggelayuti keputusan pemberhentian proyek iCar. Termasuk data begitu seringnya terjadi kecelakaan atas kendaraan tanpa sopir di banyak belahan dunia. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV12 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan18 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 22 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 1 hari lalu

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion

Berita Terbaru

BeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV12 jam laluBeritaMudik In Style 2024: Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce17 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan18 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion20 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 22 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 1 hari laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari lalu